Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2017, 15:06 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com  - Jumlah wisatawan muslim yang liburan ke luar negeri meningkat cukup pesat selama beberapa tahun belakangan. Korea Selatan adalah salah satu negara yang menyiapkan diri untuk menyambut turis muslim. 

Tahun ini, Korsel lewat Korea Tourism Organization (KTO) berencana menarik 1,2 juta wisatawan muslim. Saat ini, jumlah wisatawan muslim di seluruh dunia berada pada kisaran 1,7 miliar orang.

Dari rilis KTO yang diterima KompasTravel, Selasa (4/4/2017), cara pertama untuk menyambut turis muslim adalah memperbanyak restoran muslim-friendly. Dari awalnya 135 restoran, kini menjadi 170 restoran halal.

BACA: Cari Restoran Halal di Korea? Ini Tipsnya...

Restoran muslim-friendly adalah restoran yang menyajikan makanan seafood, vegetarian dan lainnya yang bisa dimakan oleh turis muslim. Terdapat empat jenis resoran yakni Halal Certified (disertifikasi oleh Korea Muslim Federation), Self Certified (disertifikasi sendiri oleh restoran setelah evaluasi), Muslim Friendly (menjual beberapa menu halal), dan Pork Free (menggunakan daging selain babi).

KTO juga menerbitkan buku panduan bagi wisatawan muslim. Di dalamnya terdapat informasi terkait karakteristik pasar wisatawan muslim, informasi makanan halal, juga tempat ibadah di Korea.

BACA: Liburan ke Korea Selatan Bisa Bebas Visa, Ini Triknya...

Pada September 2017 mendatang, Korsel akan menggelar 'Halal Restaurant Week' untuk menawarkan makanan Korea yang halal dengan harga diskon kepada turis muslim.

Tahun lalu, Korsel dikunjungi 980.000 orang wisatawan muslim. Presentasenya hanya 5,7 persen dari total wisman yang berkunjung ke Korea yaitu 17,2 juta orang.

Meski begitu, jumlah tersebut sudah meningkat selama lima tahun terakhir. Bersama dengan pasar wisatawan Tiongkok, turis Muslim adalah salah satu pasar wisatawan yang sangat populer di Korsel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com