Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Prau Kembali Dibuka, Ada Jalur Pendakian Baru

Kompas.com - 06/04/2017, 06:04 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Kegiatan pendakian Gunung Prau di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah kembali dibuka untuk wisatawan pada 5 April 2017. Gunung ini sempat ditutup untuk pendakian karena adanya reboisasi ekosistem hutan.

Koordinator Wisata Dieng Adventure Wonosobo, Musa Haq, mengatakan bahwa pembukaan Gunung Prau disertai dengan pembukaan jalur baru. Pembukaan jalur baru ini untuk mengakomodir banyaknya masyarakat yang hendak naik gunung. Selain itu, jalur lama yang digunakan melalui Desa Patakbanteng rupanya tengah mengalami kerusakan.

BACA: Mendaki Gunung Prau? Coba Lewat Jalur Baru dari Dusun Wates

“Jalur baru tetap dari Patakbanteng, tapi sudah kami desain yang baru,” kata Musa kepada KompasTravel, Rabu (5/4/2017).

Jalur ini dibuka agar para pendaki dari kalangan muda-mudi, anak-anak, atau para pendaki pemula bisa nyaman melewati jalur yang disiapkan. Pihak pengelola juga membuatkan jalur jembatan untuk dilewati.

“Perbaikan di bagian pos atas memang belum (dilakukan). Kami fokus yang dekat basecamp dulu. Tapi kami sudah ada trek lagi, dan sudah ada jalur lainnya dengan dibuat jembatan untuk lewat. Jalur itu sudah untuk umum juga,” ucapnya.

BACA: Wisata ke Borobudur, Tengok Juga Tulip di Dieng...

Secara keseluruhan, lanjut Musa, ada tujuh jalur yang bisa dilalui para pendaki untuk sampai di puncak Gunung Prau. Jalur itu bisa dilalui dari berbagai daerah. Namun yang populer adalah jalur Patakbanteng.

Pasca dibuka jalur baru, Musa meyakini animo masyarakat akan semakin tinggi untuk menikmati keindahan Gunung Prau. Apalagi pada momentum liburan, animo akan semakin banyak.

BACA: Mendaki Gunung Prau? Siapkan Baju Hangat, Sepatu, dan Obat-obatan...

Gunung Prau dikenal mempunyai pemandangan alam yang menawan. Hamparan puncak gunung yang begitu luas memberikan kesempatan para pendaki untuk mendirikan ribuan tenda di atas puncak.

Gunung ini juga bisa didaki semua kalangan, sehingga pada hari-hari tertentu jumlah pendaki bisa mencapai ribuan. Gunung ini berketinggian 2.565 di atas permukaan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com