Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fatoni, Pelukis Asal Yogyakarta yang Jadi Presiden Republik Jengkol

Kompas.com - 06/04/2017, 08:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Siang itu, Selasa (4/4/2017), Fatoni sesekali muncul dari balik jendela sambil menebar senyum. Tangannya memegang sepiring nasi dan hasil masakannya, untuk kemudian diserahkan kepada pelayan. Sesekali ia menyeka keringat dan kembali berkutat pada pekerjaannya.

Hari itu, pria 47 tahun itu mengenakan baju warna merah dan mengenakan peci berwarna biru gelap. Celananya hanya menutup tiga perempat kaki. Sepatu olahraga membalut kakinya.

BACA: Warung Ini Sediakan Aneka Olahan Jengkol Tanpa Berbau...

Ayah dua anak itu tampak gesit saat mencampurkan aneka bumbu dan sayur ke dalam wajan. Kol, daun bawang, tomat, dan aneka sayur ia rajang tanpa takut tangannya terluka.

Di balik kelihaiannya memasak, siapa sangka dulu Fatoni adalah seorang pelukis dan pekerja di bidang periklanan. Saat ini ia adalah pemilik dari dua warung makan dengan olahan serba jengkol yaitu Republik Jengkol.

"Saya memang lulusan seni lukis, tepatnya tahun 1991. Saya lulus dari sekolah menengah seni rupa, SMSR Yogyakarta. Terus saya pindah ke Jakarta tahun 1991, kerja sampai bosan, lalu memutuskan untuk keluar lalu bikin restoran jengkol. Saya dulu kerja di periklanan bidang desain grafis, ilustrator," jelas Fatoni saat ditemui di warung makan Republik Jengkol di bilangan Jakarta Timur.

Pemilik warung makan Republik Jengkol, Fatoni (47) tengah memersiapkan bahan-bahan untuk sajian tongseng jengkol di cabang pertama Republik Jengkol di Jalan Raya Bogor KM 24 No 27 tepat di samping pool taxi Blue Bird, Jakarta Timur, Selasa (4/4/2017). Fatoni merupakan seorang pelukis dan desainer grafis sebelum terjun ke bidang kuliner. Pemilik warung makan Republik Jengkol, Fatoni (47) tengah memersiapkan bahan-bahan untuk sajian tongseng jengkol di cabang pertama Republik Jengkol di Jalan Raya Bogor KM 24 No 27 tepat di samping pool taxi Blue Bird, Jakarta Timur, Selasa (4/4/2017). Fatoni merupakan seorang pelukis dan desainer grafis sebelum terjun ke bidang kuliner.
Fatoni mengaku telah melukis sejak di bangku sekolah menengah. Hasil lukisannya ia jual untuk membantu biaya hidupnya.

"Orang bilang lukisan saya itu ekspresif. Dulu dijual. Selama masih mengenyam pendidikan di sana, trus vakum selama kerja di periklanan. Terakhir itu waktu booming lukisan minimalis," jelasnya bersemangat.

BACA: Santap Aneka Olahan Jengkol Gratis, Mau?

Selama hampir 18 tahun Fatoni bergelut di bidang industri periklanan. Ia kebanyakan mengurusi terkait pembuatan backdrop dan desain grafis.

"Saya dulu kerja lebih manual. Lebih handmade. Seperti mengerjakan backdrop. Desain grafis memang kadang-kadang berurusan di komputer. Karena waktu tahun-tahun itu orang-orang yang punya kemampuan di bidang handmade itu jarang ya," jelas laki-laki yang pada kartu namanya memproklamirkan diri sebagai "Presiden Republik Jengkol" itu.

Hidup di Jakarta, ia memutuskan untuk menikah sekitar tahun 2000. Istrinyalah yang menginspirasi Fatoni untuk banting setir ke usaha kuliner dengan modal sekitar Rp 15-20 juta.

Pengunjung tengah menyantap olahan jengkol di warung makan Republik Jengkol di bilangan Jalan Raya Bogor KM 24 No 27 tepat di samping pool taxi Blue Bird, Jakarta Timur, Selasa (4/4/2017). Pengunjung bisa menyantap hidangan olahan jengkol secara gratis hingga hari Minggu (9/4/2017) di cabang pertama Republik Jengkol.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pengunjung tengah menyantap olahan jengkol di warung makan Republik Jengkol di bilangan Jalan Raya Bogor KM 24 No 27 tepat di samping pool taxi Blue Bird, Jakarta Timur, Selasa (4/4/2017). Pengunjung bisa menyantap hidangan olahan jengkol secara gratis hingga hari Minggu (9/4/2017) di cabang pertama Republik Jengkol.
"Pertama memang istri saya hobi makan jengkol. Nah, ketika dia makan walaupun ngumpet-ngumpet akhirnya ketahuan juga di belakang aromanya gak enak. Nah, di situ saya kepikiran bisa gak ya jengkol dibuat gak bau," ujar Fatoni sambil tertawa.

Ia mulai mencari akal untuk menghilangkan bau jengkol. Berbekal ilmu tentang rempah-rempah, ia mengolah jengkol.

"Saya coba dengan rempah-rempah seperi lengkuas, daun salam, daun sereh, dan daun jeruk. Saya coba dengan cara jengkol itu saya rendam sehari semalam kemudian saya presto dan bahan-bahan yang saya sebutkan, saya masukkan paling atas. Alhasil seperti yang sekarang. Tanpa bau," paparnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com