Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Majapahit Travel Fair Siap Digelar 13-16 April 2017

Kompas.com - 06/04/2017, 15:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Majapahit Travel Fair (MTF) kembali digelar pada 13-16 April 2017 di Grand City Convex Surabaya, Jawa Timur. Acara yang digelar ke-18 kalinya ini mengambil tema "Adventure Tourism".

"Ini merupakan pameran, tapi dalamnya berbagai kegiatan selain Travex ada juga familiarization trip. Ada 120 buyer dari 23 negara," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty dalam jumpa pers Majapahit Travel Fair 2017 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (6/2017).

Esthy berharap MTF 2017 bisa mendukung pencapaian salah satu target Kementerian Pariwisata terkait kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) pada 2019.

Adapun target Kementerian Pariwisata tersebut adalah 20 juta wisman dan 275 juta pergerakan wisnus.

"Promosinya (MTF) memang sudah kita lakukan di awal. Ini merupakan dukungan awareness kami (Kementerian Pariwisata) atas kegiatan ini," jelas Esthy.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, H Jarianto mengatakan Majapahit Travel Fair adalah satu dari 100 event pariwisata Jawa Timur yang berskala internasional. Menurutnya, Majapahit Travel Fair adalah acara tahunan yang dimiliki oleh Jawa Timur.

"Teman-teman pelaksananya itu ada Travex yang melakukan Asita. Kedua ada pameran. Pameran itu tempatnya jadi satu. Ada famtrip-nya ke Sumenep, Kota Malang Raya, dan Bromo," tutur Jarianto.

MTF 2017 dijadwalkan dihadiri 90 buyer dari 16 negara. Negara itu adalah Malaysia, Singapura, Myanmar, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, Kamboja, Vietnam, Jepang, Belanda, Italia, India, China, Hongkong, Bangladesh dan Arab Saudi.

Sementara seller sebanyak 66 industri pariwisata terdiri dari 38 industri pariwisata Jawa Timur dan 28 industri pariwisata dari luar Jawa Timur, yakni; Jakarta, Bali, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Kepulauan Riau.

MTF 2017 terdiri beberapa kegiatan utama antara lain Business to Business (B2B) Travel Exchange (Travex) yang mempertemukan seller dengan buyer dalam round table/table top. Travex akan berlangsung di Hotel Vasa Surabaya pada 13 April 2017.

Selain Travex, ada pula acara Business to Consumer (B2C) berupa pameran dan bursa yang digelar di Exhibition Hall Grand City Convex Surabaya pada 13 - 16 April 2017, diikuti oleh 150 peserta (stand). Pameran ini terbuka untuk umum dan gratis, digelar mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com