Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disbudpar Jawa Timur Promosikan Sumenep ke Industri Pariwisata Asing

Kompas.com - 06/04/2017, 17:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur menawarkan potensi pariwisata Kabupaten Sumenep kepada para buyer di acara Majapahit Travel Fair 2017. Upaya itu akan dilaksanakan dalam bentuk familiarization trip di sela-sela acara.

"Ada famtrip-nya ke Sumenep, Kota Malang Raya, dan Bromo. Karena temanya Sumenep. Apa yang ada di Sumenep itu kami tawarkan ke buyers," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, H Jarianto dalam acara jumpa pers Majapahit Travel Fair (MTF) 2017 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (6/4/2017).

BACA: Wisata Sumenep, dari Asta Tinggi sampai Cemara Udang

Menurut Jarianto, pihaknya akan mempromosikan wisata pantai, kuliner, dan budaya di Kabupaten Sumenep. Destinasi wisata yang akan dikunjungi antara lain Pulau Gili Labak, Pantai Lombang, dan tempat pembuatan keris di Desa Aeng Tong Tong.

"Utamanya wisata alam. Di Sumenep ada juga tempat wisata sejarah. Ada mesjid bersejarah. Ada Asta Tinggi, Museum Keraton," jelas Jarianto.

Ia mengatakan Kabupaten Sumenep sendiri merupakan daerah yang ingin dipromosikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya Sumenep, Jariharto menyebut telah mempromosikan Kabupaten Pasuruan, Banyuwangi, dan Bondowoso.

BACA: Susi Air Buka Rute Sumenep-Jember

Anggota Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (ASITA) Jawa Timur, Dony Hasiholan mengatakan sebanyak 60 buyers akan pergi ke Sumenep di sela-sela acara Majapahit Travel Fair 2017. Menurutnya, kegiatan familiarization trip ini bertujuan untuk mengenalkan potensi pariwisata Kabupaten Sumenep.

"Di Sumenep ada tempat yang kita ingin naikkan yaitu Pulau Gili Iyang. Di sana kadar oksigen kedua tertinggi setelah Jordania," ujar Dony.

Sebanyak 90 buyers yang datang di MTF 2017 antara lain berasal dari Malaysia, Singapura, Myanmar, Brunei Darussalam, Thailand, Filiphina, Kamboja, Vietnam, Jepang, Belanda, Italia, India, China, Hongkong, Bangladesh, dan Arab Saudi.

Majapahit Travel Fair kembali digelar pada 13-16 April 2017 di di Grand City Convex Surabaya, Jawa Timur. Acara ke-18 ini mengambil tema "Adventure Tourism".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com