Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Kenyamanan Kabin "Ovation of The Seas"

Kompas.com - 07/04/2017, 09:02 WIB
Kristian Erdianto

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Salah satu yang menjadi faktor penting bagi penyedia jasa wisata kapal pesiar adalah kenyamanan kamar kabin. Faktor kenyamanan tentu tidak boleh dilupakan, sebab tamu perlu beristirahat dengan tenang selama berada di laut, layaknya menginap di hotel berbintang.

Pada awal April 2017, saya mendapat kesempatan untuk berpesiar menggunakan kapal pesiar "Ovation of The Seas" selama empat hari dan tiga malam. Rute yang ditempuh, Singapura menuju Penang kemudian kembali lagi Singapura.

"Ovation of The Seas" merupakan kapal pesiar milik perusahaan asal Amerika Serikat, Royal Caribbean International (RCI).

Perusahaan yang bepusat di Miami ini telah melayani berbagai destinasi wisata yang cukup terkenal seperti Bermuda, Karibia, Eropa, Inggris, Alaska, Amerika Selatan, Asia, Australia dan Selandia Baru.

(BACA: Wisata Kapal Pesiar Tumbuh Pesat, Ini Alasannya...)

Selama berada di kapal, saya menginap di kamar tipe Balcony. Kamarnya cukup luas, sekitar 20 meter persegi. Balcony dilengkapi dengan beragam fasilitas yang tak kalah dengan hotel berbintang lima.

Di sebelah kanan dekat pintu masuk terdapat ruang kamar mandi. Di dalamnya terdapat wastafel, toilet dan shower. Selain itu disediakan juga perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, dan handuk.

KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO Kabin kapal pesiar Ovation of The Seas. Di sebelah tempat tidur terdapat sofa panjang berwarna biru yang diletakkan menghadap ke luar.
Saya pun tidak perlu repot membawa banyak perlengkapan mandi, cukup sikat dan pasta gigi. Setiap kamar dilengkapi dengan dua tempat tidur berukuran sedang (twin sharing bed) dan bisa bisa digabung menjadi satu sesuai kebutuhan tamu.

Di dalam kamar juga dilengkapi dengan televisi layar datar, meja rias dan lemari pakaian. Di sebelah tempat tidur terdapat sofa panjang berwarna biru yang diletakan menghadap ke luar. Dengan begitu saya bisa tidur-tiduran sambil menikmati indahnya pemandangan laut.

(BACA: Wisata Kapal Pesiar di Asia Tenggara Bisa Dikembangkan Bersama)

Bagian terbaik dari kamar ini, menurut saya, adalah balkon yang terletak di bagian luar kamar. Luasnya kira-kira sekitar tiga meter persegi, lengkap dengan dua kursi dan satu meja.

Setiap hari saya bisa memandang suasana laut saat matahari terbit dan tenggelam di atas perairan Selat Malaka. Tentunya sambil menikmati secangkir kopi hangat.

Marketing Manager Perwakilan RCI untuk Indonesia, Andi S. Indana, mengatakan, Ovation of The Seas menyediakan empat tipe kamar, yakni tipe Interior Staterooms with Virtual Balcony, Ocean View Staterooms, Balcony Staterooms dan Suites.

(BACA: Takut Mati Gaya Saat Wisata Kapal Pesiar? Simak 6 Tips Berikut...)

Setiap tipe kamar memiliki fasilitas bintang lima yang sama. Namun yang membedakan adalah luas kamar, balkon dan fasilitas private butler (asisten kamar).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com