Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponzu, Saus dari Jepang untuk Makan Shabu-Shabu

Kompas.com - 07/04/2017, 22:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Para penggemar kuliner Jepang seperti shabu-shabu tentu akrab dengan saus ponzu. Biasanya saus ponzu tersedia sebagai teman menyantap shabu-shabu.

Executive Chef Shabu Hachi, Djoko Santoso mengatakan ponzu adalah saus utama yang biasa disajikan bersama shabu-shabu. Ponzu memiliki cita rasa gabungan asam dan pedas.

"Ponzu itu bahannya dari bawang putih, daun bawang, lobak, cabai, ditambah kecap asin dan lemon," kata Djoko kepada KompasTravel seusai acara Media Gathering Shabu Hachi di Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017).

Saus ponzu bisa diracik sendiri oleh pengunjung. Djoko menyebut hal itu agar bisa menyesuaikan tingkat kepedasan saus ponzu.

"Bahan-bahan itu langsung dicampur. Komposisi tergantung selera mau pedas atau tidak," tambahnya.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Bahan-bahan saus ponzu yaitu bawang putih, daun bawang, lobak, cabai, dan ditambah kecap asin dan lemon di Shabu Hachi di Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017). Ponzu adalah saus utama yang biasa disajikan bersama shabu-shabu dan menawarkan saus dari gabungan asam dan pedas. Ponzu itu bahannya dari , kata Djoko kepada KompasTravel seusai acara Media Gathering
Saus ponzu nantinya akan disajikan di tempat yang berbeda. Pengunjung bisa mencelupkan daging yang telah dimasak ke dalam saus ponzu.

"Daging yang direbus langsung dicelup. Itu nanti kan mengurangi panas. Kalau di Jepang, cabainya pakai paprika. Di Indonesia variasi saja pakai cabai," jelasnya.

Shabu-shabu merupakan salah satu masakan Jepang yang dimasak di dalam panci. Umumnya menggunakan bahan irisan daging sapi, jamur, dan aneka sayuran.

Shabu-shabu sendiri tergolong ke dalam jenis nabe ryori atau makanan yang dimasak di dalam panci dan dimakan selagi hangat. Isi shabu-shabu disantap dengan kuah kaldu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com