Apa Rasanya Japanese Cotton Cheese Cake dari Uncle Tetsu? - Kompas.com

Apa Rasanya Japanese Cotton Cheese Cake dari Uncle Tetsu?

Silvita Agmasari
Kompas.com - 08/04/2017, 16:04 WIB
Kompas.com/Silvita Agmasari Japanese cotton cheese cake, kue khas dari gerai Uncle Tetsu.
JAKARTA, KOMPAS.com - Gerai kue asal Jepang Uncle Tetsu untuk pertama kalinya buka di Jakarta. Uncle Tetsu yang dikenal di Jepang sebagai Tetsu San digadang sebagai pelopor dari Japanese Cotton Cheese Cake.
 
Ia menciptakan kue tersebut pada tahun 1985 di Fukuoka, Jepang dan kemudian terkenal hingga seluruh dunia.
 
" Uncle Tetsu adalah salah satu pelopor Japanese Cotton Chesse Cake, dan sekarang sudah buka 11 gerai yang tersebar di seluruh dunia. Terkenal dengan perpaduan cream chesse dan butter untuk menciptakan cake lembut, manis dan gurih," kata Manager Uncle Tetsu Indonesia, Richard Aditya Nugraha saat ditemui di acara pembukaan gerai Uncle Tetsu di Mal Central Park, Jakarta, Sabtu (8/4/2017). 
 
 
Untuk pembukaan gerai pertama di Indonesia, Uncle Tetsu memberi promo Japanese Cotton Cheese Cake yang hanya dihargai Rp 8.000 dari harga asli Rp 80.000.
 
Akibatnya, antrean pembeli luar biasa panjang, mencapai 30 meter dengan pembeli yang rela antre dari pukul 06.00. Rata-rata penasaran dengan rasa kue andalan dari Uncle Tetsu. 
 
"Kita berharap dengan standar kualitas Jepang yang diterapkan dapat memberi hasil terbaik, rasa seautentik mungkin," kata Richard.
 
Ia menjabarkan penggunaan bahan impor seperti tepung dari Jepang,  krim keju dari Australia, butter dari Eropa, dan susu dari New Zealand. Sedangkan bahan lokal yang digunakan adalah telur. 
 
Lantas bagaimana rasa kue Japanese Cotton Cheese Cake dari Uncle Tetsu?
 
Rasa kuenya manis dengan tingkat sedang sehingga tak meninggalkan rasa enek ketika makan terlalu banyak dan memiliki tingkat rasa keju yang sedang puls.
 
Sebenarnya yang paling menarik adalah teksturnya yang sangat lembut dan ringan.
 
Kompas.com/Silvita Agmasari Bagian dalam Japanese cotton cheese cake, kue khas dari gerai Uncle Tetsu.
Pada bagian luar yang terkena panas panggangan oven dan bewarna coklat muda akan lebih terasa seperti kue bolu dengan tekstur yang agak sedikit lebih berar dari bagian dalam. Sedangkan pada bagian dalam, kue ini memiliki tekstur sangat ringan. Bahkan saat dipotong terdengar suara desis seperti layaknya busa.
 
Untuk menyantap kue Japanese Cotton Cheese Cake Uncle Tetsu sendiri ada dua cara, langsung dimakan selagi hangat dengan cara memanaskan di microwave selama 30-60 detik. Cara kedua adalah disantap setelah didiamkan di lemari pendingin. Kue yang didinginkan memiliki rasa keju yang lebih dalam, cocok bagi penggemar keju. 
 
Tentunya Japanese Cotton Cheese Cake sendiri terkenal dengan tekstur ringan, berbeda 180 derajat dari cheese cake gaya Amerika yang memiliki tekstur berat dan creamy. Jadi sebenarnya tergantung selera pembeli, lebih suka kue keju ala Barat atau ala Timur. 
 
Untuk harga, Japanesse Cotton Cheese Cake Uncle Tetsu dihargai Rp 80.000 per loyang. Sementara baru satu varian kue yang dijual di gerai pertama Uncle Tetsu.
 
Rencananya varian kue akan akan terus bertambah seiring pertambahan gerai kue Uncle Tetsu di Indonesia. Varian kue Uncle Tetsu yang tampaknya berpotensi membuat orang semakin penasaran adalah cheese tart atau kue garing dengan isian keju cair.  

PenulisSilvita Agmasari
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X