Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Milenial Pilih Destinasi Liburan yang "Instagrammable"

Kompas.com - 10/04/2017, 18:16 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Destinasi wisata yang tampil "cantik" di Instagram dipercaya memengaruhi keputusan pelancong dalam memilih daerah tujuan liburan.

Berdasarkan riset yang dilakukan Schofields Insurance, 40,1 persen responden yang merupakan generasi milenial, memilih lokasi berlibur yang "Instagrammable".

Istilah ini dikerap dipakai pengguna media sosial Instagram untuk menyebutkan tempat-tempat yang bisa tampil "cantik" atau "keren" di Instagram.

Para responden tersebut memilih dengan bayangan sejauh mana destinasi wisata tersebut bisa tampak "indah" di Instagram mereka.

(BACA: Bagi Generasi Milenial, Traveling Lebih Penting daripada Beli Rumah)

Survei ini dilakukan di Inggris dengan melibatkan 1.000 responden berusia 18 hingga 33 tahun. Ternyata hasilnya menunjukan bahwa Instagram menjadi motivasi utama mereka dalam menentukan destinasi liburan.

Hasil survei lainnya menunjukkan, selain Instagram, ketersediaan dan harga minuman alkohol, memengaruhi keputusan responden dalam memilih destinasi liburan.

JOKO DWI CAHYANA Wisatawan sedang menikmati Air Terjun Benang Kelambu di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
Tak heran, orang Inggris terbiasa minum minuman alkohol sehari-hari. Sebanyak 24 persen responden mengungkapkan bahwa kedua hal ini menjadi prioritas utama mereka dalam memilih destinasi liburan.

Keputusan lainnya adalah dipengaruhi oleh "pengembangan diri" dengan sebanyak 22 persen responden menjawab hal tersebut. Bisa dibilang mereka berlibur untuk mencari jati diri.

Sebanyak 9,4 persen memilih destinasi liburan yang memberikan mereka kesempatan untuk mencicipi makanan lokal. Sementara hanya 3,9 persen responden yang memilih destinasi liburan hanya untuk sekadar lihat-lihat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com