Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Wisata Tubing

Kompas.com - 10/04/2017, 20:51 WIB
Kontributor Travel, Fira Abdurachman

Penulis

KOMPAS.com - Paling penting memilihkan paket tubing adalah keselamatan. Pastikan penyelenggaranya memberikan arahan dan alat keselamatan. Arahan yang dimaksud adalah penjelasan seputar medan aliran sungai yang akan dilalui.

Pertama, seberapa berat dan aman. Jangan ragu meminta tips aman dan nyaman dari penyelenggara tubing. Paket tubing seharusnya disertai alat pengamanan yang standar setidaknya helm, rompi pengaman, dan sepatu karet.

Bila tidak ada alat-alat ini sebaiknya cari paket tubing lainnya. Sepanjang jalur tubing juga seharusnya ada penjaga. Mereka bertugas mengarahkan tubing.

(BACA: River Tubing Itu Asyik, Asal...)

Para penjaga juga memastikan kita tidak terjebak di bebatuan atau arah aliran sungai yang salah. Jangan sampai kita sendirian selama tubing.

Kedua, jujur pada diri sendiri. Pastikan kita siap menghadapi medan yang akan kita lalui. Biasanya pengamanan yang maksimal akan membuat turis juga nyaman dan percaya diri. Selain mental, fisik harus dalam kondisi bagus.

Ketiga, cukup makan dan tidak ada cedera. Tubing walau terlihat santai namun sebenarnya menguras tenaga banyak. Pastikan badan dan pikiran fokus untuk menjaga badan. Jangan ragu berkonsultasi dengan para penjaga.

Bila tak bisa berenang misalnya, katakan kepada mereka dari awal agar diberi penjagaan ekstra.

Terakhir, lupakan rasa takut air, basah, repot, kotor. Ah, ini tubing. Saatnya bermain dengan alam. Jangan ragu untuk bersenang-senang memacu adrenalin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com