Tak Mau Terjebak Macet di Puncak, Cobalah "Melipir" ke Tempat Ini - Kompas.com

Tak Mau Terjebak Macet di Puncak, Cobalah "Melipir" ke Tempat Ini

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 14/04/2017, 21:26 WIB
Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Salah satu air terjun di Wana Wisata Curug 7 Cilember, Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Senin (2/2/2015). Aliran sungai Cilember akan menyatu dengan Sungai Ciliwung.

BOGOR, KOMPAS.com – Memanfaatkan liburan long weekend, destinasi Puncak Bogor memang selalu menjadi primadona wisatawan sekitarnya, alhasil kemacetan pun tak terelakkan. Namun, Anda bisa memilih beragam destinasi menarik di sekitar jalur tersebut.

Cobalah melipir ke beragam destinasi wisata menarik sepanjang jalur Puncak Bogor, Anda bisa terhindar dari penatnya kemacetan jalan. Berikut KompasTravel rangkum berbagai destinasi wisata alternatif sekitar Puncak, disusun berdasarkan akses terdekat dari Kota Bogor atau Jakarta.

1. Rekreasi di Taman Wisata Matahari

Taman rekreasi keluarga yang mengusung tema education park and recreation ini memiliki berbagai macam wahana permainan yang bertujuan untuk mendidik dan juga mengenal alam. Mulai dari wahana air, wisata permainan dan juga petualangan.

ARSIP KOMPAS TV Arung Jeram di Taman Wisata Matahari, Puncak, Jawa Barat.
Luas taman wisata Matahari ini sekitar 40 hektar, tapi anda tidak perlu bingung untuk berkeliling. Ada mobil mondar-mandir yaitu mobil yang bertemakan binatang seperti tikus, gajah, jerapah dan lainnya yang bisa anda gunakan untuk berkeliling dan menuju tempat wahana yang anda inginkan.

Anda mau wisata yang menantang? Nah di sini anda bisa memacu adrenalin di beberapa wahana petualangan, seperti Flying Fox, motor ATV, arung jeram dan lainnya.

2. Wisata Edukasi di Taman Safari Indonesia, Cisarua Bogor

Salah satu tempat wisata favorit di jalur Puncak Bogor ini memang tak ada habisnya. Selain Karena setiap tahun kedatangan satwa baru, juga atraksi yang berbeda-beda.

Sejak dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB, wisatawan dapat masuk dengan membeli tiket Rp 150.000 untuk dewasa.

KOMPAS/MADINA NUSRAT Kolam penguin di Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/1/2017), menambah wawasan akan kekayaan satwa dunia.
Anda bisa berkeliling di area Safari yang dapat dinikmati menumpangi mobil pribadi ataupun bus yang disediakan di TSI, sambil memberi makan beberapa satwa tertentu.

Setelah bersafari, giliran menjumpai satwa lucu dan masih berusia anak-anak di Baby Zoo, berfoto bersama anak macan dan anak orangutan, menikmati aneka wahana permainan, hingga Safari Night yang dibuka mulai pukul 16.00 WIB.

3. Menikmati Kesegaran Curug Cilember

Curug Cilember, salah satu destinasi yang wajib anda coba. Dari ketinggian 700 hingga 1.100 mdpl kita dapat merasakan sejuknya alam dengan vegetasi hutan hujan tropisnya.

Di dalam destinasi wisata ini terdapat banyak curug atau air terjun yang bias dinikmati kesegarannya. Salah satu yang paling ramai ialah Curug 7 Cilember. Tingginya kurang lebih sekitar 20 meter.

ARSIP KOMPAS TV Curug Cilember di kawasan Puncak, Jawa Barat.
Bagi anda yang suka dengan tantangan dan alam, patut mencobanya hingga air terjun teratas atau curug 1 dan 2 yang jaraknya sekitar 1,5 jam berjalan kaki dari curug 7.

Curug Cilember merupakan kawasan wisata alam yang mengusung konsep ekowisata, yang artinya kegiatan wisata lingkungan dan mengedepankan aspek konservasi alam. Di dalamnya kita bisa camping, dan melakukan aktivitas outdoor.

4. Melepas Penat di Agrowisata Kebun Teh Gunung Mas

Agrowisata Kebun Teh Gunung Mas berada di Desa Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Kebun Teh Gunung Mas terletak pada daerah sejuk dengan ketinggian 800 - 1.200 meter di atas permukaan laut.

Di sana, Anda melakukan tea walk atau trekking keliling kebun teh Gunung Mas dengan suhu sekitar 12-22 derajat celcius. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di sana seperti berfoto, menyeruput teh hasil kebun teh Gunung Mas, juga naik kuda keliling kebun teh.

Tiket masuk ke kawasan Gunung Mas sekitar Rp 10.000. Untuk fasilitas pemandu akan dikenakan biaya tambahan.

KOMPAS/ANTONY LEE Pengunjung mencoba terbang dengan paralayang dari Bukit 250, Perkebunan Teh Gunung Mas di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (4/4/2013).
5. Terbang dari Ketinggian Puncak dengan Paralayang

Masih di sekitar kawasan Gunung Mas, terletak di Jalan Raya Puncak km 87, Bukit Paralayang, Puncak, Anda bisa mencoba paralayang. Anda harus mendaftar terlebih dahulu begitu datang, ataupun reservasi via telepon sebelumnya. Sebelum terbang anda akan mengisi formulir pendaftaran, dan membayar Rp 350.000.

Ketika terbang, Anda bisa melihat lanskap perkebunan teh. Angin semilir dingin akan menemani penerbangan Anda.

Bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrem, wajib untuk mencoba wahana ini saat di Bogor. Berfoto dan melihat pemandangan kota dari ketinggian, merupakan kegiatan yang tidak biasa. Wisatawan akan dibawa terbang selama 10-15 menit dari atas Puncak Bogor.

6. Menikmati Sentuhan Alam di Telaga Warna

Obyek wisata Telaga Warna terletak agak tersembunyi di balik perkebunan teh Puncak. Di Telaga Warna Anda bisa mencoba atraksi flying fox dan naik rakit keliling Telaga Warna.

Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan mancanegara mencoba melintasi Telaga Warna dengan cara flying fox, Senin (2/3/2015). Untuk mencoba wahana ini, Anda dikenakan biaya sebesar Rp 50.000.
Untuk masuk ke Telaga Warna, Anda wajib membayar tiket masuk dengan harga sekitar Rp 5.000.

Mau tahu referensi lainnya? Tak perlu khawatir, KompasTravel menghimpun destinasi-destinasi wisata lain Indonesia untuk mendaki gunung lain di Visual Interaktif Kompas (VIK) Vakansi Indonesia: http://vik.kompas.com/vakansi/.

Kunjungi VIK Vakansi Indonesia untuk mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan, mulai dari how to get there, where to stay, what to do, what to eat, dan what to buy. Opsi transportasi dan akomodasi hadir dalam dua jenis, yakni koper dan ransel.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM