Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Operasional Bandara Husein Sastranegara Bakal Diperpanjang

Kompas.com - 18/04/2017, 16:07 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat direncanakan bakal beroperasi hingga pukul 00.00 WIB.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin seusai menerima kunjungan kerja Menteri Pariwisata Arief Yahya di Kantor Angkasa Pura II di Banten, Senin (17/4/2017) siang.

"Kalau bandara Bandung itu kan bandara enclave sipil. Sekarang kan jam operasi kita sampai jam 21.00 WIB. Kita kan mau perpanjang, sampai katakanlah ditambah tiga jam sampai jam 00.00 WIB. Bulan depan mudah-mudahan karena ini kan menjelang Ramadhan kan traffic bertambah," kata Awaluddin.

(BACA: Garuda Indonesia Masuk 10 Besar Maskapai Terbaik Dunia)

Ia mengatakan penambahan jam operasional Bandara Husein Sastranegara akan merangsang maskapai penerbangan yang ingin mendarat di sana.

Beberapa maskapai penerbangan dengan rute internasional tertarik untuk terbang ke Bandung. "Karena begini, banyak maskapai yang berminat ke Bandung. Itu yang untuk traffic internasional. Sampai sekarang kan mereka terkendala," jelasnya.

(BACA: Silangit Berbenah Menjadi Bandara Internasional)

Terkait rencana tersebut, Awaluddin mengatakan telah bertemu dengan pihak TNI Angkatan Udara terkait rencana penambahan jam operasional Bandara Husein Sastranegara.

Menurut Awaluddin, rencana tersebut telah didukung oleh surat dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Dasar kita kan surat Menhub yang tanggal 23 Februari. Ibaratnya di level menteri sudah memberikan arahan (perpanjangan jam operasional). Walaupun di surat Menhub tak mematok tanggal. Kalau kita semakin cepat koordinasi berarti kami semakin cepat bisa mendapat izin untuk bisa membuka maskapai," tambah Awaluddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com