Berkenalan dengan Budaya Aborigin di Waradah Aboriginal Centre - Kompas.com

Berkenalan dengan Budaya Aborigin di Waradah Aboriginal Centre

Silvita Agmasari
Kompas.com - 18/04/2017, 23:21 WIB
Kompas.com/Silvita Agmasari Suku Aborigin menarikan tarian adat coroboree di Waradah Aboriginal Centre.

KATOOMBA, KOMPAS.com - Sebagai suku asli yang mendiami benua Australia, ada baiknya saat liburan ke Australia menyempatkan diri mengenal lebih dekat Suku Aborigin. Salah satu tempat untuk mempelajari budaya Suku Aborigin adalah Waradah di Kota Katoomba, Blue Mountain, New South Wales.

"Penting untuk tahu mengenai Suku Aborigin, karena mereka adalah penduduk asli dari Australia. Setiap negara pasti memiliki budaya yang dilestarikan, ditampilkan, sama halnya seperti Indonesia. Begitu pula di Australia," kata Managing Director Waradah Aborigibal Centre, Farid Nayer saat dikunjungi KompasTravel di sela-sela media trip bersama Golden Rama di Katoomba, New South Wales, Australia, Selasa (18/4/2017).

(BACA JUGA: Internet Murah dan Lancar di Australia, Simak Tipsnya...)

Nayer menjelaskan jika Suku Aborigin menarik untuk dipelajari karena hingga saat ini kebudayaan Suku Aborigin masih tetap lestari meski telah ada sejak 50.000 tahun lalu. Di Waradah Aboriginal Centre, wisatawan dapat mempelajari budaya dan pengetahuan dasar mengenai Suku Aborigin dari sebuah pementasan hiburan.

Kompas.com/Silvita Agmasari Informasi alat dan senjata Suku Aborigin di Waradah Aboriginal Centre.
Pengisi pertunjukan tersebut adalah orang-orang asli Aborigin. Mereka akan mendepskrisikan budaya Aborogin melalui cerita dan tarian. Pengunjung pun bisa mengetahui asal dan lokasi tempat tinggal Suku Aborigin di Australia, alat musik khas Aborigin yakni didgeridoo, dan tarian khas saat upacara adat yakni coroboree.

Meski pertunjukkan pentas budaya tersebut hanya berlangsung 25 menit, cukup memberi gambaran besar mengenai Suku Aborigin.

"Untuk tamu VIP yang ingin penjelasan lebih mendalam, nantinya akan ada perwakilan satu orang Aborigin yabg dapat ditanyajai usai acara pementasan," kata Nayer.

Selain pentas budaya, tempat ini juga menyediakan sarana informasi seperti buku, foto, dan teks mengenai Suku Aborigin. Ruangan lainnya memberikan kesempatan kepada wisatawan belajar melukis motif khas Aborigin.

Wisatawan yang ingin berbelanja buah tangan khas Australia buatan Suku Aborigin juga dapat membeli di Waradah Aboriginal Centre. Untuk menonton pementasan budaya di Waradah Aboriginal Centre, wisatawan harus membayar 20 dollar Australia atau setara Rp 200.000 untuk orang dewasa dan 15 dollar Australia atau setara Rp 150.000 untuk anak-anak.

Lokasi Waradah Aboriginal Centre berada di 33-37 Echo Point Rd, Katoomba, New South Wales. Jaraknya sekitar dua jam berkendara dari Sydney. Buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00. Katoomba sendiri adalah wilayah asli Suku Aborigin sebelum akhirnya didatangi para petambang batu bara di abad ke-19.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisSilvita Agmasari
EditorNi Luh Made Pertiwi F
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM