Berkunjung ke Surabaya? Jangan Lupa Membeli 5 Oleh-oleh Ini - Kompas.com

Berkunjung ke Surabaya? Jangan Lupa Membeli 5 Oleh-oleh Ini

Alek Kurniawan
Kompas.com - 20/04/2017, 15:21 WIB
Toko Wisata Rasa Toko Wisata Rasa merupakan salah satu toko yang mengeluarkan produk almond crispy paling populer di Surabaya.

SURABAYA, KOMPAS.com - Surabaya sebagai Kota Pahlawan merupakan salah satu magnet pariwisata di Indonesia. Wisata sejarah, wisata kuliner, hingga wisata keluarga lengkap tersedia di Surabaya.

Bila Anda berkunjung ke Surabaya sempatkanlah untuk membeli oleh-oleh khas ibu kota Jawa Timur tersebut.

Apa saja oleh-oleh unik yang bisa dibeli untuk keluarga atau teman tercinta di rumah? Berikut KompasTravel rangkum beberapa oleh-oleh yang bisa Anda beli di Surabaya.

1. Almond Crispy

Almond crispy merupakan salah satu camilan khas Surabaya yang digemari warga Surabaya. Tak hanya warga Surabaya, namun juga wisatawan yang berkunjung ke Surabaya turut menyukai makanan ini dan membawa serta almond crispy sebagai oleh-oleh.

“Rasa dari almond crispy itu enak dan gurih. Teksturnya tipis dan lembut, juga kriuk ketika dimakan. Mungkin karena itu banyak orang yang suka makanan ini, harganya pun murah sekitar Rp 30.000 – Rp 40.000,” ujar salah satu warga Surabaya, Moechamad Mirza kepada KompasTravel, Kamis (20/4/2017).

Terdapat banyak produsen almond crispy di Surabaya, varian rasanya pun beragam, ada rasa original, vanila, green tea, cokelat, keju, dan lain-lain. Toko oleh-oleh yang menyediakan almond crispy pun tersebar di Surabaya, misalnya Wisata Rasa, CRS, Maria Law, Lusiana, d’Ollinos dan lain sebagainya.

2. Cak Cuk Surabaya

Bila Bali punya Joger dan Jogja punya Dagadu sebagai penyedia oleh-oleh kaos dan baju, maka Surabaya punya Cak Cuk. Seperti kedua produsen kaus tersebut, Cak Cuk juga menawarkan desain kaus yang unik dan kreatif.

Outlet Cak Cuk Surabaya yang paling terkenal berada di Jalan Dharmawangsa 35. Kaus dengan desain unik memang masih menjadi favorit oleh-oleh wisatawan. Tapi ternyata tak hanya kaus saja yang dijual, namun juga pin, magnet, mug, tas dan lain sebagainya.

3. Sambal Bu Rudy

Buat Anda pecinta makanan pedas, maka Sambal Bu Rudy ini masuk dalam daftar oleh-oleh ketika berkunjung ke Surabaya. Setiap hari, toko Sambal Bu Rudi yang terletak di Jalan Dharmahusada No. 140 ini selalu dipadati pembeli.

Banyak yang mengatakan bahwa Sambal Bu Rudy identik dengan kelezatan dan kepedasannya. Varian rasanya pun beragam, ada sambal terasi, sambal ijo, sambal bajak, sambal ikan peda, sambal bawang, sambal udang, dan lain sebagainya.

4. Kerupuk Ikan Kenjeran

Untuk Anda penyuka makanan ringan kerupuk, jangan khawatir kalau berkunjung ke Surabaya, karena di Surabaya Anda dapat menemukan oleh-oleh yang pas, yakni kerupuk ikan kenjeran. Kerupuk ikan kenjeran ini merupakan kerupuk khas yang berasal dari Surabaya.

Ternyata tak hanya rasa ikan saja yang bisa Anda temui, namun juga hasil olahan laut lainnya seperti cumi, kerang bahkan rumput laut. Kerupuk ikan kenjeran bisa Anda temui di sekitar Jalan Sukolilo atau kawasan Pantai Kenjeran. Harga per kilogramnya ditaksir mulai dari Rp 15.000 – 300.000.

5. Spikoe Resep Kuno

Spikoe Resep Kuno Kue lapis legendaris dari Spikoe Resep Kuno cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh dari Surabaya.

Satu lagi makanan yang tak boleh Anda lewatkan untuk dibawa sebagai oleh-oleh dari Surabaya, yakni Spikoe Resep Kuno. Spikoe Resep Kuno merupakan kue lapis lezat yang menggunakan resep kuno sehingga cita rasanya tetap terjaga sedari dulu.

Ciri khas dari kue lapis ini adalah warna tiga lapisnya, yakni kuning, coklat, kuning. Spikoe Resep Kuno berlokasi di Jalan Rungut Madya 41, Surabaya. Ada dua pilihan paket yang tersedia, reguler dan spesial. Paket spesial biasanya tersedia pada hari besar, contohnya hari raya Idul Fitri, Natal dan Imlek.

PenulisAlek Kurniawan
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM