BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Get Craft

Tiga Jenis Air Putih di Australia dan Bedanya

Kompas.com - 21/04/2017, 12:04 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

GOLD COAST, KOMPAS.com - Jangan bingung saat memesan air putih di luar negeri, misalnya di Australia. Pramusaji justru akan memberi pilihan tiga jenis air. Still, tap, dan sparkling adalah tiga jenis air putih yang disajikan oleh restoran di Australia kepada tamunya.

Lantas apa beda dari tiga jenis air putih tersebut?

"Kalau still water itu berarti air mineral botol, kalau sparkling water ada sodanya, sedangkan tap water itu air keran," kata Market Manager Tourism and Events Queensland, Tjoa Su Yen saat media trip bersama Golden Rama di Gold Coast, Kamis (20/4/2017).

BACA: Internet Murah dan Lancar di Australia, Simak Tipsnya...

Jangan kaget, air keran atau tap water di Australia memang layak konsumsi tanpa perlu dimasak. Sehingga air keran juga disajikan oleh restoran kepada para tamu.

Umumnya air keran diberikan gratis atau tak dipungut biaya kepada para tamu restoran. Sedangkan still water atau air mineral botol di Australia dihargai sekitar dua dollar Australia atau setara Rp 20.000 untuk ukuran satu liter jika di supermarket.

BACA: Kapan Waktu Terbaik Berkunjung ke Queensland, Australia?

Sparkling water yang dipercaya memiliki sensasi rasa soda dan berasal dari sumber mata air pegunungan dihargai lebih mahal. Sekitar empat dollar Australia atau setara Rp 40.000 untuk ukuran satu liter di supermarket.

Harga air still dan sparkling dapat lebih mahal jika dijual di obyek wisata maupun restoran. Bagi wisatawan yang ingin mengirit bujet membeli air minum di Australia tak ada salahnya membawa botol minum dan mengisi dengan air keran. Banyak warga lokal Australia yang juga punya kebiasaan membawa botol minum sendiri.

Arikel lainnya tentang Australia bisa disimak di liputan khusus "Jalan-jalan ke Australia".


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com