Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Long Weekend" di Jakarta? Ini 5 Taman Kota untuk Bersantai

Kompas.com - 22/04/2017, 15:54 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang atau long weekend kerap kali menjadi momen berharga untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Bagi warga Jakarta sendiri, berwisata ke luar kota, seperti Bogor, Bandung, hingga Sukabumi biasanya menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk menikmati liburan.

Namun, padatnya lalu lintas sering kali menjadi kendala utama yang ditemui saat menuju kota-kota tersebut. 

Pada saat-saat seperti ini, hadirnya taman kota di Jakarta bisa menjadi alternatif wisata bagi warga. Berikut KompasTravel rangkum beberapa rekomendasi taman kota yang bisa Anda kunjungi saat libur panjang.

1. Taman Kalijodo

Siapa sangka daerah yang dulunya merupakan salah satu lokasi prostitusi terbesar kini menjadi kawasan ruang terbuka hijau. Kawasan dengan luas sekitar 1,4 hektar ini menjadi destinasi wisata baru bagi warga Jakarta yang membutuhkan ruang terbuka hijau.

Selain bisa dinikmati gratis, warga juga bisa menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia. Mulai dari lintasan jogging, lintasan sepeda, skate parkamphiteatre, musala, playground untuk anak, perpustakaan mini, outdoor gym, toilet, dan lain sebagainya.

KOMPAS.COM/Alek Kurniawan Tembok grafiti/mural, salah satu spot favorit bagi pengunjung Taman Kalijodo untuk berswafoto.

Tak hanya sampai situ, terkadang pada akhir pekan atau libur panjang, terdapat bazaar di taman ini. Bazaar yang sudah mengantongi izin resmi ini biasanya menjajakan stan-stan makanan, minuman dan pakaian.

“Meskipun bazaar ini tidak diadakan rutin, namun bazaar ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang berkunjung, biasanya pada sore hari,” ujar salah satu pedagang di bazaar Taman Kalijodo, Ferri kepada KompasTravel, Sabtu (22/4/17).

Taman Kalijodo terletak di Jalan Kepanduan II, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Bagi Anda yang ingin menuju ke sini menggunakan transportasi umum bisa menggunakan Transjakarta dan turun di Halte Jembatan Dua.

2. Taman Waduk Pluit

KOMPAS.COM/Alek Kurniawan Taman Waduk Pluit yang berada di Penjaringan, Jakarta Utara ini bisa menjadi destinasi wisata alternatif warga Jakarta pada akhir pekan.

Berlokasi tak jauh dari Taman Kalijodo, terdapat sebuah taman dengan nama Taman Waduk Pluit. Taman ini memiliki pemandangan yang khas yakni waduk Pluit dengan panorama gedung bertingkat dari kejauhan.

Sering kali Taman Waduk Pluit dimanfaatkan pengunjung untuk bertamasya sembari menghabiskan waktu bersama orang tersayang. “Saya datang ke sini bersama suami dan anak-anak untuk bersantai, soalnya pohon di sini rindang-rindang,“ tutur salah satu pengunjung, Sumiati saat ditemui KompasTravel, Sabtu (22/4/17).

Taman yang diresmikan pada 17 Agustus 2013 ini memiliki banyak fasilitas gratis yang bisa dinikmati pengunjung, salah satunya adalah lintasan jogging, amphiteatre, dan taman bermain untuk anak-anak.

3. Taman Tabebuya

KOMPAS.COM/Alek Kurniawan Taman Tabebuya di Jagakarsa menjadi salah satu taman favorit yang dikunjungi oleh warga Jakarta.

Apakah Anda ingin menikmati sebuah taman dengan pemandangan kolam teratai? Jika iya, maka Anda bisa datang ke Taman Tabebuya. Taman yang berlokasi di Jalan Moh Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan ini memang kerap menjadi favorit warga untuk bersantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com