Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ida Fiqriah, Pilot "Kartini Flight" Garuda Indonesia

Kompas.com - 23/04/2017, 09:12 WIB
Andreas Lukas

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Seorang perempuan berwajah cantik, berambut pendek terlihat duduk di kokpit Boeing B787-800 Garuda Indonesia.

Perempuan bernama lengkap Ida Fiqriah itu menjadi captain pilot pada penerbangan yang bertajuk "Kartini Flight" yang digelar Garuda Indonesia dengan rute Jakarta-Padang pergi pulang (pp), Jumat (21/4/2017).

Ida merupakan captain pilot pertama Garuda Indonesia. "Saya bergabung dengan Garuda Indonesia tahun 1999 dan menjadi captain pilot sejak dua minggu lalu," kata Ida saat diwawancara di Bandara Soekarno-Hatta.

KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Para awak kabin Garuda Indonesia berpose usai melakukan penerbangan bertajuk Kartini Flight di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (21/4/2017). Garuda Indonesia menggelar Kartini Flight dalam rangka menyambut Hari Kartini. Seluruh petugas penerbangan dari pilot, pramugari hingga teknisi adalah perempuan.
Garuda Indonesia menggelar penerbangan ini dalam rangka menyambut Hari Kartini di mana seluruh petugas dari captain pilot, co-pilot, pramugari, hingga teknisi adalah perempuan.

(BACA: Garuda Indonesia Bagi-Bagi Cokelat saat Kartini Flight)

Pada penerbangan ini Ida membawa penumpang yang berjumlah sekitar 162 orang dari Jakarta menuju Padang dan balik lagi ke Jakarta.

Para penumpang pun antusias. Saat mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, terlihat beberapa penumpang mengintip ke kokpit. Tujuannya untuk sekadar melihat sosok kapten pilot wanita maupun minta foto bersama.

KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Pilot dan pramugari Garuda Indonesia berpose usai melakukan penerbangan bertajuk Kartini Flight di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (21/4/2017). Garuda Indonesia gelar Kartini Flight dalam rangka menyambut Hari Kartini. Seluruh awak kabin mulai pilot, pramugari hingga teknisi adalah perempuan.
"Ida Fiqriah betul-betul Kartini Indonesia yang hebat. Semua bersama kru-krunya," kata salah seorang penumpang saat melewati kokpit pesawat.

Begitupun pada penerbangan Padang-Jakarta. Para penumpang bertepuk tangan dan bersorak saat pesawat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Hal itu sebagai bentuk apresiasi penumpang kepada para kru pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com