Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Oleh-oleh Wajib Dibeli di Yogyakarta

Kompas.com - 23/04/2017, 10:02 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

KOMPAS.com - Berwisata ke Yogyakarta tak lengkap rasanya jika tak membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Banyak pilihan yang tersedia, mulai dari barang unik sampai makanan khas yang beranekaragam.

Berikut KompasTravel rangkum oleh-oleh yang bisa dibawa pulang jika berkunjung ke Yogyakarta.

1. Kerajinan Perak

KOMPAS.COM/MENTARI CHAIRUNISA Peralatan makan dan hiasan dari perak yang menjadi penghasilan utama warga Kotagede, Yogyakarta.

Ada salah satu daerah di Yogyakarta yang menghasilkan kerajinan perak dengan kualitas internasional. Daerah tersebut adalah Kotagede. Kotagede terletak sekitar 5 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Kotagede sudah dikenal sebagai sentra penghasil kerajinan perak sejak zaman Kerajaan Mataram. Sampai saat ini, banyak terdapat toko-toko atau rumah pengrajin yang bisa Anda sambangi.

Beragam bentuk kerajinan bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh, mulai dari perhiasan, hiasan dinding, hingga hiasan meja.

2. Gerabah Kasongan

Ingin membawa buah tangan yang unik dari Yogyakarta? Anda bisa coba mengunjungi Desa Kasongan yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Desa Kasongan merupakan desa wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta.

Berbagai hasil kerajinan pun bisa Anda lihat di sepanjang jalan di Desa Kasongan. Yang paling terkenal adalah produksi gerabahnya. Gerabah khas Desa Kasongan disebut-sebut mempunyai kualitas yang sangat bagus.

Terdapat banyak bentuk gerabah yang tersedia, misalnya guci, lampu hias, vas bunga, sampai aksesoris rumah tangga lainnya. Selain dapat membeli gerabah sebagai oleh-oleh, Anda juga bisa melihat proses pembentukan gerabah mulai dari tanah liat yang tak berbentuk sampai pewarnaan.

3. Salak Pondoh

Yogyakarta dianugerahi tanah yang subur. Hal ini disebabkan keberadaan Gunung Merapi yang membuat tanah menjadi subur. Dengan tanah yang subur ini, berbagai tanaman tumbuh sehat di sini, salah satunya adalah salak.

Salak khas daerah Yogyakarta bernama salak pondoh. Karakteristik dari salak ini adalah dagingnya yang mulus empuk dan rasanya yang manis.

Jika Anda berniat untuk memborong salak pondoh sebagai oleh-oleh, silakan datangi salah satu desa agrowisata di Yogyakarta tepatnya di Desa Gandung, Bangunkerto, Sleman. Di sini Anda bisa memetik bahkan memakan langsung salak pondoh dari kebunnya. Seru bukan?

TRIBUN JOGJA/HAMIM THOHARI Belalang goreng ala Gunungkidul, Yogyakarta. Hama yang jadi berkah ketika diolah jadi kuliner.

4. Belalang Goreng khas Gunungkidul

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com