Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Bandung? Jangan Lupa Belanja 5 Oleh-oleh Ini

Kompas.com - 23/04/2017, 21:00 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandung dikenal sebagai destinasi wisata favorit saat long weekend atau libur panjang. Selain deretan destinasi wisata yang ditawarkan Bandung, terdapat pula banyak pilihan oleh-oleh yang bisa dibawa.

Mulai dari makanan tradisional dan modern, alat musik, hingga perlengkapan fashion lengkap tersedia di Bandung. Berikut KompasTravel rangkum beberapa rekomendasi oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang setelah berlibur di Bandung, Jawa Barat.

1. Tahu Susu Lembang

Tak hanya Sumedang yang identik dengan tahu, Bandung mempunyai produk tahu yang bisa dijadikan oleh-oleh. Tahu Susu Lembang, demikian namanya. Tahu Susu Lembang ini diolah dari kedelai dan susu murni, sehingga rasanya gurih, lembut, dan padat.

Bila Anda berminat untuk membeli tahu susu, Anda bisa berkunjung ke gerai Tahu Susu Lembang di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, Bandung Barat. Selain produk tahu susu, terdapat juga tahu mentega yang tak kalah lezatnya.

Mulai dari Rp 15.000, Anda sudah bisa mendapatkan 10 buah tahu susu yang sudah digoreng. Anda juga bisa membelinya dalam kondisi masih mentah dengan harga Rp 25.000 untuk satu pak tahu susu dan Rp 30.000 untuk satu pak tahu mentega.

2. Bolen Pisang

Sampai saat ini, bolen pisang masih menjadi salah satu makanan favorit yang wajib dibawa sebagai oleh-oleh dari Bandung. Tak hanya rasanya saja yang enak, bolen pisang juga dapat ditemui di hampir berbagai toko oleh-oleh di Bandung.

Salah satu yang terkenal adalah Bolen Pisang Kartika Sari yang berlokasi di Jalan H. Akbar No. 4, Kebon Kawung, Kota Bandung.

Bolen pisang sendiri merupakan kue pastry yang diisi oleh pisang matang dan terkadang juga dilengkapi dengan sepotong keju atau cokelat sebagi penambah rasa.

3. Cireng Bandung

Cireng merupakan singkatan dari aci goreng. Tak hanya Bandung, makanan cemilan cireng ini juga tersebar hampir di seluruh wilayah Jawa Barat.

Saat ini banyak terdapat pilihan cireng yang bisa Anda beli. Mulai dari bentuknya yang beraneka ragam, sampai isi cireng yang juga bermacam-macam, seperti daging, sosis, keju, bakso, teriyaki dan lain sebagainya.

Di Bandung sendiri, banyak terdapat toko-toko yang bisa diburu oleh wisatawan, diantaranya adalah Cirreng Cipaganti, Cireng Kamsia, Cireng Keraton, Cireng Rampat, dan lain-lain.

4. Angklung

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Taufik Udjo, anak Mang Udjo, yang bersama saudara-saudaranya kini mewarisi dan mengelola Saung Angklung Udjo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com