Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit, Pendaki Perempuan Ini Tertahan di Gunung Tertinggi Indonesia

Kompas.com - 24/04/2017, 08:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pendaki asal Indonesia, Tejasari Asad, mengalami gangguan kesehatan saat mendaki Gunung Carstensz (Jayawijaya), Papua, sejak Kamis (20/4/2017) lalu.

Hal itu menyebabkan Tejasari tertahan dan tak bisa meneruskan perjalanan turun ke titik awal pendakian di Desa Ilaga, Kecamatan Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Tejasari bersama dua orang pendaki lainnya, dikabarkan telah mencapai Puncak Gunung Carstensz pada 20 April 2017, pukul 08.00 WIB. Dua orang lainnya adalah suaminya, Hendra Agustin, dan seorang pendaki asal Italia, Rafael Montarelo.

Tejasari bersama Hendra dan Rafael sempat bertahan di area basecamp Gunung Carstensz dan memutuskan menuju ke area PT Freeport Indonesia. Hendra dan Rafael kemudian membawa Tejasari untuk cek kesehatan pada Jumat (21/4/2017).

Pada Minggu (23/4/2017), Tejasari dinyatakan dalam kondisi baik dan telah diberikan bantuan oleh PT Freeport Indonesia. Mereka diharuskan melanjutkan pendakian melalui jalur Desa Ilaga untuk menuju Timika.

Pihak PT Freeport Indonesia belum memberikan keterangan lengkap terkait peristiwa sakitnya pendaki Gunung Carstensz.

Vice President Corporate Communication PT Freeport Indonesia, Riza Pratama, menyebut tak mengetahui detail peristiwa yang dialami oleh Tejasari.

"Kami tak ada pemberitahuan resmi karena para pendaki tidak melewati (mendaki melalui) daerah kami (Freeport). Saya tidak tahu detailnya dan tidak tahu berita di atas (peristiwa sakitnya Tejasari) kebenarannya. Saya sedang mintakan update terakhir," kata Riza saat dikonfirmasi KompasTravel, Minggu (23/4/2017).

Meski belum mengetahui detail peristiwa tersebut, Riza telah berkoordinasi secara internal mengenai adanya pendaki yang masuk ke wilayah PT Freeport Indonesia. Ia menyebut pendaki tersebut dalam keadaan sehat dan terus dipantau oleh pihaknya.

Hingga saat ini, pihak keluarga Tejasari juga belum bisa memberikan keterangan resmi lebih lanjut terkait hal ini. Namun, informasi yang dihimpun Kompas.com, Tejasari memang tengah mendaki Gunung Carstensz.

Gunung Cartensz adalah puncak gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Carstensz bisa didaki melewati Desa Sugapa, Kecamatan Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, dan Desa Ilaga, Kecamatan Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Selain itu, jalur pendakian lainnya adalah melalui area PT Freeport Indonesia. Namun, pendaki harus mendapatkan izin khusus melintas dari PT Freeport Indonesia untuk dapat mendaki Gunung Carstensz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com