Rice Crisps, Camilan Khas Thailand dari Beras yang Tidak Biasa - Kompas.com

Rice Crisps, Camilan Khas Thailand dari Beras yang Tidak Biasa

Erwin Hutapea
Kompas.com - 26/04/2017, 19:05 WIB
KOMPAS.COM/ERWIN HUTAPEA Aneka makanan kecil olahan dengan nama Rice Crisps. Produk ini terbuat dari beras Thai Hom Mali dan dikelola dengan skala industri rumahan di Provinsi Phetchaburi, Thailand.t

PHETCHABURI, KOMPAS.com – Banyak orang mengenal Thailand karena memiliki obyek wisata yang indah. Selain itu, negara ini juga tersohor karena terdapat beraneka ragam makanan khas. Salah satunya yaitu makanan kecil yang terbuat dari beras.

Di antara sekian banyak jajanan yang dikenal, ada satu yang merupakan hasil karya asli warga setempat. Produk itu bernama Rice Crisps, yaitu jajanan yang terbuat dari beras.

Namun, beras yang menjadi bahan dasar makanan kecil tradisional khas Thailand ini berbeda dari yang ada di pasaran. Sebab, makanan itu terbuat dari beras Thai Hom Mali.

BACA: Liburan di Thailand, Wajib Coba Aneka Buah Ini

Saat berkunjung ke Thailand, Kompas.com memiliki kesempatan bertemu langsung dengan pengelola usaha makanan ringan tersebut, yaitu Jutarat Tungphanich.

“Kami mempunyai lahan padi, lalu menanaminya dan memanen sendiri. Hal itu kami lakukan bersama dengan masyarakat di desa sekitar lokasi usaha kami,” ujar Jutarat, Selasa (25/4/2017) di lokasi usahanya.

Beras yang diolah itu memiliki keunikan tersendiri karena aroma, warna, dan rasanya lain dari yang biasa dikonsumsi masyarakat. Selain itu, beras ini juga dicampur dengan gula kelapa dan tumbuhan khas Thailand. 

Jutarat mengatakan, dalam bahasa Thailand, makanan ini disebut kaotang. Kao artinya beras, sedangkan tang artinya sesuatu yang kuat dari bawah.

“Awalnya didirikan oleh Nyonya Sukantha, ibu saya sendiri, yang sekarang menjadi merek produk tersebut. Saya generasi kedua yang melanjutkan usaha ini dari sekitar 10 tahun lalu,” kata Jutarat. 

KOMPAS.COM/ERWIN HUTAPEA Suasana di gerai usaha makanan kecil bermerek Sukantha saat dikunjungi Kompas.com, Selasa (25/4/2017) di Provinsi Phetchaburi, Thailand. Usaha industri rumah tangga ini memproduksi jajanan ringan yang terbuat dari beras.

Adapun usaha ini merupakan industri rumah tangga yang dibangun sejak tahun 1993 dan berlokasi di Provinsi Phetchaburi. 

“Bahan yang dipilih memiliki kandungan alami dan tanpa bahan pengawet. Kami bangga dapat mempertahankan kualitas dan ciri khas, serta kreativitas dalam mengemas produk dan mengembangkannya menjadi produk yang dikenal masyarakat luas,” ucap Jutarat. 

Jutarat menambahkan, ada sejumlah warga sekitar yang mengerjakan prosesnya. Mereka pun jadi pekerja loyal, bahkan ada yang sudah bekerja lebih dari 20 tahun.

BACA: Melancong ke Thailand, Yuk Berburu Kabut di Mae Hong Son

Para pekerja yang ada sekarang lebih kurang 40 orang. Mereka mengemas dan menjual produk tersebut di sini. Ada pula yang dijual di supermarket.

Untuk produk yang dijual di supermarket, disediakan pula produk sampel agar calon pembeli bisa mencicipinya terlebih dahulu.  

“Kami mempunyai standar tinggi karena mengikuti standar nasional. Kami ingin produk tradisional ini lebih dikenal karena kualitasnya. Kami berpromosi di koran, media sosial, dan ikut pameran,” tutur Jutarat pada akhir perjumpaan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisErwin Hutapea
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM