Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Cantik Penuh Bunga Teratai di Jakarta Selatan

Kompas.com - 26/04/2017, 21:33 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda ingin menikmati taman dengan pemandangan kolam teratai? Jika ya, Taman Tabebuya adalah destinasi yang tepat. Taman yang berlokasi di Jalan Moh Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan ini memang kerap menjadi favorit warga untuk bersantai.

“Biasanya paling ramai Sabtu-Minggu. Taman ini juga sering dipakai untuk foto pra-wedding, anak sekolah, bahkan syuting film,“ ujar salah satu penjaga taman, Asmawih kepada KompasTravel, Jumat (21/04/2017).

Selain kolam teratai yang menjadi ciri khas Taman Tabebuya, terdapat juga salah satu pohon yang memang menjadi asal penamaan taman ini, yakni Pohon Tabebuya. Pohon yang berasal dari Brasil ini mempunyai bunga yang berwarna merah muda layaknya bunga sakura.

Namun, bunga tabebuya hanya mekar pada waktu-waktu tertentu saja, biasanya pada pertengahan sampai akhir musim penghujan. Saat KompasTravel berkunjung ke taman ini pada Jumat (21/04/2017), bunga sedang tidak mekar.

KOMPAS.COM/Alek Kurniawan Selain bunga tabebuya, terdapat juga beberapa jenis bunga yang menghiasi Taman Tabebuya, salah satunya adalah bunga sepatu.

“Taman Tabebuya memiliki total luas 9.626 meter persegi dan baru dibuka pada tahun 2012. Dulunya taman ini merupakan sebuah rawa,” ujar Asmawih.

Ia melanjutkan, kolam teratai yang terdapat di sini juga punya banyak ikan hidup. "Antara lain ikan gabus, ikan mas, ikan patin, dan lainnya," tambahnya.

Selain kolam teratai, Taman Tabebuya juga menyediakan berbagai fasilitas gratis seperti taman bermain anak, lintasan jogging, tempat duduk yang rindang, gazebo, dan perpustakaan mini.

KOMPAS.COM/Alek Kurniawan Taman bermain yang rindang juga menjadi spot favorit pengunjung yang berkunjung ke Taman Tabebuya (26/04/2017).

Taman Tabebuya ramai dikunjungi pada akhir pekan. Biasanya pengunjung juga membawa makanan sendiri dan alat olahraga seperti raket bulutangkis.

“Kami selaku petugas selalu berusaha menghimbau pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan taman. Kemudian untuk waktu buka taman, pengunjung bisa berkunjung dari pukul 06.00 – 18.00 WIB. Di lain waktu tersebut, taman akan tutup,“ ungkap Asmawih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com