Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Liburan ke Klungkung? Ini Aplikasi "Klungkung Tourism"

Kompas.com - 27/04/2017, 19:06 WIB

SEMARAPURA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung, Bali meluncurkan aplikasi Klungkung Tourism untuk memudahkan wisatawan mengenal semua potensi wisata yang ada di Klungkung.

Aplikasi berbasis android tersebut sudah dapat diakses serta diunduh (download) sejak minggu lalu dan rencananya akan resmi diluncurkan bertepatan dengan pembukaan Semarapura Festival III, Jumat (28/4/2017).

“Aplikasi Klungkung Tourism merupakan aplikasi berbasis android dari Dispar Klungkung. Ini untuk memudahkan wisatawan mengakses segala  informasi tentang Klungkung. Aplikasi tersebut baru selesai diprogram seminggu lalu, dan sekarang sudah bisa di-download oleh android user,” kata Kadis Pariwisata Pemkab Klungkung, I Nengah Sukasta, Rabu (26/4/2017).

(BACA: Aplikasi Pengulas Wisata Bahari Ini Cocok untuk Traveler)

Mantan Kadishub Pemkab Klungkung tersebut menjelaskan, aplikasi Klungkung Tourism memberikan berbagai informasi lengkap tentang Klungkung, mulai dari obyek wisata, kuliner, budaya, hingga lokasi akomodasi wisata seperti penginapan dan restoran di seluruh Klungkung.

Sejak pertama kali diluncurkan, pihak Dispar Klungkung secara bertahap mulai mensosialisasikan aplikasi tersebut melalui para guide yang mengantar tamunya ke beberapa obyek wisata populer di Klungkung seperti di Kertha Gosa, dan Goa Lawah.

KOMPAS/NINUK MARDIANA PAMBUDY Arung jeram di Bakas River Rafting di Sungai Melangit, Desa Bakas, Klungkung, Bali, cocok untuk pemula dan berketerampilan sedang.
“Walau aplikasi ini akan resmi di-launching saat pembukaan Semarapura Festival tanggal 28 April, tapi kita sudah mulai sosialisasikan ke wisatawan. Petugas kita menginfokannya ke guide untuk diteruskan ke wisatawan. Semoga dengan ini, promosi wisata di Klungkung bisa dimaksimalkan,” ujar Sukasta.

Peluncuran aplikasi Klungkung Tourism, menurut Sukasta, pihaknya menargetkan  kunjungan wisatawan ke Klungkung semakin meningkat.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Klungkung, tahun 2015 kunjungan wisatawan ke Klungkung mencapai 372.051 orang dan angka ini meningkat pada tahun 2016 mencapai 372.051.

Sementara hingga bulan Maret tahun 2017 jumlah kunjungan wisatawan ke Klungkung mencapai 108.290 orang. (Tribun Bali)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com