Penting, Cara Mudah Hemat Baterai "Smartphone" Saat Liburan - Kompas.com

Penting, Cara Mudah Hemat Baterai "Smartphone" Saat Liburan

Kompas.com - 01/05/2017, 13:18 WIB
Thinkstock Selfie saat traveling

SALAH satu kegiatan yang umum dilakukan para pekerja di akhir pekan, apalagi saat long weekend adalah berlibur ke luar kota. Dengan jarak tempuh yang jauh, semakin seringnya ponsel digunakan hingga sinyal yang tidak stabil, salah satu “korban” terbesarnya adalah baterai smartphone yang lekas habis.

Berikut berbagai tips untuk menghemat baterai smartphone saat berlibur ke luar kota.

1. Matikan fitur sinyal 4G saat di pelosok.

Sinyal 4G memberikan koneksi yang lebih cepat tetapi mengonsumsi baterai yang lebih banyak. Apalagi bila Anda berlibur ke daerah pelosok, ponsel Anda akan berusaha mencari sinyal 4G yang mengakibatkan baterai terkuras. Maka pakailah sinyal 3G, EDGE, atau bahkan GPRS saja.

2. Jangan lupa bawa power bank.

Siapkan charger portabel (Power Bank) untuk mengisi baterai disaat tidak ada sumber daya. Pilihan lain adalah membawa charger ponsel khusus untuk mobil. Jadi saat di mobil sewaan atau bus, Anda bisa mengisi baterai.

3. Turunkan kecerahan layar.

Kecerahan layar yang tinggi sangat menguras baterai. Jadi lebih baik turunkan tingkat kecerahan lampu layar, walau akan sedikit sulit melihat layar tetapi baterai akan jauh lebih hemat.

4. Hindari main game, usir bosan dengan musik.

Bermain game artinya smartphone Anda bekerja dengan berat menggunakan mesin dan layarnya. Jadi untuk mengusir bosan lebih baik Anda mendengarkan musik saja (pakai headset), karena memutar musik pada smartphone adalah kegiatan yang enteng dan tidak menguras baterai gadget Anda.

5. Aktifkan sleep mode.

Di beberapa seri smartphone, disediakan fitur Sleep Mode untuk akses internet. Jika fitur ini diaktifkan, maka bisa menonaktifkan akses internet secara otomatis ketika sudah tidak lagi digunakan dalam jangka waktu beberapa lama.

6. Aktifkan fitur penghemat baterai.

Dibandingkan dengan teknologi layar, kamera atau fitur lainnya, teknologi baterai pada smartphone bisa dikatakan kurang berkembang. Padahal dengan berkembangnya teknologi pada beberapa fitur, itu membutuhkan daya baterai yang semakin besar.

Menyadari hal itu, beberapa smartphone dilengkapi dengan fitur penghemat baterai biasanya disebut dengan fitur Power Saver.

Jika fitur ini diaktifkan, maka smartphone bisa secara otomatis akan mematikan beberapa fitur (GPS, Wifi, NFC, Mobile data dan lainnya) ketika kondisi baterai sudah mulai minim. Tujuannya agar dengan sisa kapasitas yang ada, baterai bisa bertahan lebih lama.

7. Matikan gadget ketika tidak dibutuhkan.

Bila perjalanan Anda panjang dan kira-kira Anda akan tertidur, lebih baik matikan gadget Anda. (Ade Sulaeman/Intisari.grid.id/Chip.co.id)

EditorNi Luh Made Pertiwi F
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM