Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Siasat Mengemas Durian dan Oleh-oleh dengan Aroma Menyengat

Kompas.com - 01/05/2017, 20:08 WIB

MAKANAN dan aroma adalah dua hal yang jelas tidak bisa dipisahkan. Sebuah aroma akan menentukan selera makan seseorang.

Namun bagaimana jika makanan memiliki aroma yang sangat menyengat? Ada beberapa makanan dengan aroma menyengat yang kerap dijadikan oleh-oleh. Berikut ini siasat mengolah dan menyimpan lima makanan yang kerap dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke daerah penghasil makanan tersebut.

1. Durian

Pada beberapa orang, mencium aroma durian yang tajam dan menyengat akan membuat pusing, bahkan sampai merasa mual dan muntah.

Bagi mereka yang tak suka, aroma durian dianggap sangat mengganggu. Bahkan di beberapa negara, terdapat peraturan larangan membawa durian di tempat-tempat umum dan di pesawat.

(BACA: Catat, Panduan Lengkap Soal Durian)

Agar aromanya tidak mengganggu, simpan durian dalam wadah yang memiliki tutup, kemudian masukkan ke dalam wadah kedap udara yang lebih besar, taburi dengan biji kopi.

Di beberapa pusat durian seperti di Medan, pedagang sudah ahli dalam mengemas durian agar aromanya tidak berbau. Jangan lupa saat dibawa dengan pesawat, jangan ditaruh dalam kabin, melainkan masukan dalam bagasi check-in.

2. Terasi

Bagi Anda yang suka memasak, bumbu dapur satu ini pasti tak asing lagi. Dengan menambahkan terasi akan membuat masakan lebih segar dan beraroma.

Ada beberapa daerah di Indonesia yang merupakan penghasil terasi berkualitas. Contohnya terasi dari Bangka yang kerap dijadikan oleh-oleh. Oleh-oleh semacam ini cocok diberikan ke kerabat yang doyan memasak.

Namun, ak semua orang akan tahan dengan baunya. Aroma yang menyengat dan membuat gatal hidung biasanya akan membuat orang yang menciumnya bersin-bersin.

Bungkus terasi dengan pembungkus plastik, kemudian simpan dalam wadah kedap udara. Letakkan di tempat yang kering, agar terasi tetap berkualitas.

3. Keju Epoisses

Ada banyak jenis keju. Sebagian besar keju memiliki aroma tidak karuan dan busuk. Salah satu keju yang berbau tidak enak adalah keju Epoisses de Bourgogne. Baunya sangat tidak wajar dan bisa membuat orang lain mual, pusing dan mabuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com