Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potensi Wisata Dirgantara di DIY

Kompas.com - 02/05/2017, 18:36 WIB

BANTUL, KOMPAS — Penyelenggaraan Jogja International Air Show menunjukkan, aktivitas wisata dirgantara berpotensi dikembangkan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain memiliki obyek-obyek wisata menarik, DIY mempunyai bentang alam dan fasilitas memadai untuk menyelenggarakan kegiatan dirgantara.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta di sela-sela Jogja International Air Show (JIAS) 2017, Minggu (30/4/2017), di Pantai Depok, Bantul, DIY.

(BACA: Mau Mencoba Memanah Gaya Mataram Kuno? Datanglah ke Prambanan)

Aris mengatakan, kehadiran atlet mancanegara dalam JIAS menunjukkan, kegiatan dirgantara di DIY memiliki daya tarik tinggi bagi para penggemar olahraga dirgantara mancanegara. Apalagi, di DIY terdapat kawasan yang cocok, yakni Pantai Depok, Bantul, dan sekitarnya.

Di kawasan ini terdapat landasan pacu untuk pesawat berukuran kecil. Kondisi angin dan bentang alam di kawasan Pantai Depok juga sangat cocok untuk olahraga dirgantara.

Pada JIAS, aktivitas terjun payung digelar di sekitar obyek wisata, seperti Candi Prambanan dan Alun-alun Utara yang berdekatan dengan Keraton Yogyakarta. Terjun payung juga digelar di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, yang dekat DIY.

Di DIY ada Lanud Adisutjipto dengan peralatan, keahlian, dan jaringan memadai untuk menyelenggarakan kegiatan dirgantara skala internasional.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Novyan Samyoga mengatakan, JIAS diikuti 167 peserta dari mancanegara. Tahun depan, JIAS akan digelar dengan format yang kurang lebih sama dengan lokasi di lima kabupaten/kota di DIY. (HRS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com