Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2017, 08:10 WIB

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur menawarkan wisata "Kampung Kopi" kepada wisatawan lokal maupun mancanegara, khususnya bagi pecinta kopi yang ingin menikmati kopi arabika khas Bondowoso.

"Selain untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara yang sedang berlibur ke sejumlah destinasi Bondowoso, juga saat ini wisatawan tidak perlu bingung lagi untuk menikmati atau mencicipi kopi arabika (Java Ijen Raung)," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparpora) Pemkab Bondowoso, Adi Sunaryadi di Bondowoso, Rabu (3/5/2017).

Menurut Adi, wisata "Kampung Kopi" lokasinya sengaja ditempatkan di Alun-Alun Bondowoso, tepatnya di depan kantor pemerintah kabupaten. Dan untuk sementara "Kampung Kopi" hanya dibuka pada minggu kedua dan minggu keempat (satu bulan dua kali).

(BACA: Inilah Kopi Bulan Madu, Kopi Khas Bondowoso)

Di wisata Kampung Kopi itu, lanjut Adi, menyajikan seduhan kopi arabika dengan berbagai jenis seperti espresso, blue mountain, blue ijen, robusta dan beberapa jenis kopi lainnya.

"Namun, jika ada event atau acara kegiatan pemerintahan, Kampung Kopi akan terus dibuka setiap hari dan dibuka mulai pukul 17.00 hingga 23.00," ucapnya.

Silvita Agmasari Kopi Ijen, Kopi khas Bondowoso
Adi menjelaskan, di Kampung Kopi itu tidak hanya menyajikan olahan atau seduhan kopi, tetapi kopi arabika mentah juga bisa didapatkan di belasan saung Kampung Kopi.

Selain itu, lanjut dia, juga sebagai wisata kopi bagi wisatawan yang saat liburan di Bondowoso bisa menikmati dan melihat langsung cara pengolahan dari masing-masing pegiat kopi.

"Di stan-stan itu mereka berasal dari pegiat kopi dan pemilik kedai kopi maupun kafe dan intinya ini salah satu tugas dinas pariwisata untuk memperkenalkan potensi yang ada di Bondowoso dan salah satunya kopi arabika yang kini telah memiliki brand 'Bondowoso Republik Kopi'," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com