3 Hal yang Wajib Dilakukan Bila Berkunjung ke Sam Poo Kong Semarang - Kompas.com

3 Hal yang Wajib Dilakukan Bila Berkunjung ke Sam Poo Kong Semarang

Alek Kurniawan
Kompas.com - 06/05/2017, 09:17 WIB
KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Sam Poo Kong merupakan salah satu destinasi favorit di Semarang, Jawa Tengah. Terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang terbuat dari perunggu dengan tinggi 12 meter.

SEMARANG, KOMPAS.com - Semarang merupakan sebuah kota yang identik dengan wisata budayanya. Salah satu destinasi wisata yang terkenal di Semarang adalah Sam Poo Kong.

Sam Poo Kong merupakan sebuah tempat bersejarah untuk mengenang Laksamana Cheng Ho yang sempat berlabuh di Utara Jawa.

Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Simongan Raya No. 129, Semarang ini adalah pada sore hari.

Apa saja yang bisa dilakukan di Sam Poo Kong? Berikut KompasTravel rangkum tiga hal yang wajib Anda lakukan bila berkunjung ke Sam Poo Kong.

1. Berkunjung ke Semua Kelenteng di Sam Poo Kong

Berwisata ke Sam Poo Kong tak lengkap apabila tidak berkunjung ke semua kelenteng yang ada di tempat ini.

(BACA: Jejak Pelayaran Laksamana Cheng Ho Diluncurkan di Pantai Tong Aci)

Total terdapat empat kelenteng di Sam Poo Kong yang bisa Anda kunjungi, di antaranya Kelenteng Dewa Bumi, Kelenteng Juru Mudi, Kelenteng Sam Poo Tay Djien, dan Kelenteng Kyai Jangkar.

“Kelenteng Dewa Bumi merupakan kelenteng yang diperuntukkan untuk Dewa Bumi bagi penganut Kong Hu Cu dan Taoisme. Umat yang beribadah di Kelenteng Dewa Bumi ini biasanya mengucapkan terima kasih dan bersyukur kepada Dewa Bumi yang telah memberikan tanah yang subur, panen yang melimpah dan kekayaan bumi yang beraneka ragam,“ ujar pemandu wisata Sam Poo Kong, Desy di sela-sela kunjungan Media Trip bersama Ezytravel.co.id di Semarang, Rabu (3/5/2017).

KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Kelenteng Sam Poo Tay Djien merupakan kelenteng utama dan terbesar di Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah.
Selanjutnya, sambung Desy, terdapat Kelenteng Juru Mudi dan Kelenteng Kyai Jangkar yang juga sarat akan sejarah.

“Kelenteng yang paling besar adalah Kelenteng Sam Poo Tay Djien atau sering disebut juga Kelenteng Sam Poo Kong. Ada yang unik dari kelenteng ini, yakni terdapat sumur dengan sumber air yang tidak pernah habis dan Goa Sam Poo yang terletak tepat di bawah kelenteng ini,“ cerita Desy.

Patut diingat bahwa pengunjung hanya bisa melihat dan berfoto di area luar kelenteng, hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu umat yang sedang berdoa di dalam kelenteng.

2. Berburu Spot Instagramable di Sam Poo Kong

Bila Anda berencana untuk mengunjungi Sam Poo Kong, maka siapkan kamera untuk berburu spot foto yang menarik di sini. Pasalnya area Sam Poo Kong tampak seperti bangunan-bangunan di China.

“Dilihat dari fenomena yang ada bahwa sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Sam Poo Kong adalah untuk berswafoto, maka kami menyediakan spot untuk berfoto yang ditandai dengan bentuk lingkaran di permukaan tanah,“ ujar Desy.

KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Terdapat tanda khusus yang terdapat di permukaan untuk menunjukkan spot terbaik berswafoto di Sam Poo Kong, Semarang, Jateng.
3. Menyewa pakaian khas China

Anda ingin mengabadikan momen di Sam Poo Kong dengan cara unik? Jika iya, Anda bisa menyewa pakaian khas China yang tersedia dekat loket utama. Terdapat banyak pilihan pakaian mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Harga untuk sewa pakaian ini mulai dari Rp 100.000 sampai waktu yang tidak ditentukan. Selain mendapatkan pakaian yang Anda mau, Anda juga mendapatkan jasa fotografer yang bisa mengabadikan momen terbaik di Sam Poo Kong.

PenulisAlek Kurniawan
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM