Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Peak Season" Lebaran, Garuda Indonesia Siapkan 61 Ribu Kursi Tambahan

Kompas.com - 14/05/2017, 20:05 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai nasional Garuda Indonesia menyediakan 61.324 kursi penerbangan ekstra untuk mengantisipasi peningkatan penumpang selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2017.

Diperkirakan periode arus mudik Lebaran 2017 berlangsung mulai 16 Juni-9 Juni 2017 (H-10 sampai dengan H+14). Kursi tambahan tersedia untuk rute domestik dan internasional.

VP Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S ButarButar mengatakan bahwa kursi tambahan itu dioperasikan oleh pesawat berbadan besar (bigger aircraft) serta pengoperasian extra flight. Komposisi penggunaan bigger aircraft dan extra flight tersebut terdiri dari 50.210 seats untuk rute domestik dan 11.114 seats rute internasional.

"Melalui penambahan kapasitas penerbangan tersebut, Garuda Indonesia pada periode peak season Lebaran 2017 ini secara total akan mengoperasikan sebanyak 348 frekuensi penerbangan tambahan yang terdiri 188 penerbangan ekstra dan 160 penerbangan dengan menggunakan pesawat berbadan besar (bigger aircraft)," tuturnya di Cengkareng, Minggu (14/5/2017) seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima KompasTravel.

Adapun rute-rute penerbangan domestik dengan peningkatan kapasitas pada tahun ini antara lain : 

Jakarta – Yogyakarta PP

Jakarta – Padang PP

Jakarta – Solo PP

Jakarta – Semarang PP

Jakarta – Surabaya PP

Jakarta – Denpasar PP

Surabaya – Balikpapan PP

Bandung – Denpasar PP

Makassar – Balikpapan PP

Sedangkan untuk rute internasional diantaranya antara lain Jakarta – Kuala Lumpur PP, Jakarta – Singapura pp, dan Jakarta – Bangkok PP. 

“Penambahan kapasitas penerbangan periode peak season Lebaran tahun ini meningkat sebesar 87, 24 persen  dari total kapasitas penerbangan ekstra pada periode yang sama tahun lalu," tambah Benny.

Dalam periode peak season lebaran tahun ini, Garuda Indonesia akan mengoperasikan sejumlah jenis pesawat berbadan kecil (narrow body) dan pesawat berbadan besar (wide body) untuk memaksimalkan kapasitas penerbangan di masing-masing rute.

Adapun jenis pesawat yang akan dioperasikan antara lain adalah pesawat B737-800 (162 penumpang), A330-200 (222 penumpang), A330-300 (287 penumpang), dan A330-300 all economy class (360 penumpang).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com