Panduan Transportasi ke Puncak B29 Lumajang dari Malang - Kompas.com

Panduan Transportasi ke Puncak B29 Lumajang dari Malang

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 15/05/2017, 17:09 WIB
KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan tengah mengabadikan momen-momen matahari terbit dari Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (11/4/2017). Pemandangan yang ditawarkan dari Puncak B29 adalah Gunung Bromo, Batok, Lemongan, Raung, Semeru, dan Argopuro.

LUMAJANG, KOMPAS.com - Puncak B29 di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur punya segudang pengalaman untuk wisatawan. Ada suasana pegunungan, kebun sayur di lereng-lereng bukit, sampai panorama matahari terbit dengan pemandangan lautan pasir Gunung Bromo.

Puncak B29 sendiri berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Wisatawan bisa mengakses Puncak B29 dari Kota Malang menuju Lumajang menggunakan kendaraan umum.

Bila Anda ingin mencoba ke Puncak B29, berikut KompasTravel himpun panduan transportasi untuk menuju Lumajang. 

BACA: Legenda di Balik Indahnya Puncak B29 Lumajang

Anda bisa menuju Kota Malang terlebih dahulu menggunakan pilihan transportasi yang tersedia. Ada pesawat, kereta api, maupun bus dari berbagai kota di Indonesia. Setelah itu Anda bisa menuju ke Terminal Arjosari.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pengojek motor asli Suku Tengger menggunakan sarung saat melakukan kegiatan sehari-hari seperti mengantarkan wisatawan ke Puncak B29 DI Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (11/5/2017). Bagi Suku Tengger, sarung seperti harga diri, tren, dan juga identitas.
Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Budiyanto mengatakan wisatawan mesti melanjutkan perjalanan menuju Terminal Minak Koncar di Lumajang.

"Biaya busnya sekitar 50 ribu. Bus dari Terminal Arjosari itu jurusan Bali - Banyuwangi dan melewati Terminal Minak Koncar," kata Budiyanto saat ditemui di rumahnya beberapa waktu lalu.

BACA: Berita Foto: Indahnya Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang

Selanjutnya, dari Terminal Minak Koncar ada dua pilihan transportasi untuk menuju Desa Argosari. Anda bisa memilih mobil L-300 atau menghubungi Pokdarwis Desa Argosari untuk naik mobil pick up.

Jika ingin menggunakan mobil L-300, Anda bisa ambil jurusan ke Pasar Senduro. Mintalah turun kepada pengemudi mobil di Pasar Senduro.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pengojek bersiap untuk mengantarkan rekan-rekan jurnalis dari Jakarta untuk menikmati momen-momen matahari terbit dari Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (11/4/2017). Pemandangan yang ditawarkan dari Puncak B29 adalah Gunung Bromo, Batok, Lemongan, Raung, Semeru, dan Argopuro.
Biaya dari Terminal Minak Koncar ke Pasar Senduro berkisar Rp 10.000 per orang. 

Anda bisa juga turun di Pura Mandala Giri untuk melanjutkan perjalanan ke Desa Argosari. Menurut Budiyanto, di dekat Pura Mandala Giri banyak terdapat rekan-rekan Pokdarwis Argosari yang siap menjemput menggunakan ojek.

Biaya ojek yang dipatok oleh Pokdarwis ditawarkan mulai Rp 60.000 pergi pulang untuk menuju Puncak B29. Anda bisa menghubungi perwakilan Pokdarwis Desa Argosari di nomor 085336006579 untuk penjemputan ke Puncak B29.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X