Wisata di Perkebunan Teh Kertowono, Apa Saja Aktivitasnya? - Kompas.com

Wisata di Perkebunan Teh Kertowono, Apa Saja Aktivitasnya?

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 16/05/2017, 19:09 WIB
KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati suasana matahari terbit dilihat dari Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.

LUMAJANG, KOMPAS.com - Bila Anda punya kesempatan berlibur ke Lumajang, Jawa Timur, jangan lupa berkunjung ke Perkebunan Teh Kertowono. Anda bisa menikmati beragam keindahan yang di Perkebunan Teh Kertowono.

Karyawan Pelaksana Tata Usaha Bagian Anggaran dan Tanaman PTPN XII, Rudi Eko Purwanto selaku perwakilan dari manajemen Perkebunan Teh Kertowono mengatakan wisatawan bisa merasakan pengalaman bertualang di kebun teh. Selain itu, wisata di Perkebunan Teh Kertowono juga menawarkan konsep ekowisata.

"Di Perkebunan Teh Kertowono, alam yang kita sajikan untuk wisatawan," kata Rudi saat berbincang rekan-rekan jurnalis dari Jakarta beberapa waktu lalu.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Matahari terbit dilihat dari sebuah pos pengamatan di Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.

Wisatawan dengan minat khusus bisa menjajal medan perkebunan teh dengan motor trail. Selain itu, wisatawan juga bisa bermain sepeda di kebun teh.

"Untuk kemping, ada tempat yaitu Kampung Baru (KBR) atau Bukit Inspirasi dan di Puncak 74 ada camping ground,"  jelas Rudi.

Di Bukit Inspirasi, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dengan latar gunung dan laut. Gunung-gunung yang terlihat seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro.

"Terakhir ada wisata edukasi. Nanti ke pabrik tehnya wisatawan kita bawa juga," ungkap Rudi.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Rekan-rekan jurnalis dari Jakarta tengah menikmati tur kebun teh menggunakan mobil dengan penggerak empat roda di Perkebunan Teh Kertowono, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa menikmati aneka ragam aktivitas seperti berkemah, berburu matahari terbit, dan juga wisata edukasi teh.

Dalam wisata edukasi teh, wisatawan akan diajak pengelola Perkebunan Teh Kertowono untuk melihat proses pengolahan daun teh dari mulai pemetikan hingga proses mencicipi teh (cup tasting). Wisatawan bisa berkeliling kebun teh dan masuk ke pabrik untuk melihat aneka peralatan pengolahan teh.

"Kalau masuk ke pabrik itu minimal 10 orang. Kita bentuk organisasi yang di dalamnya ada tour guide-nya. Minimal 10 orang supaya bisa kita edukasi tentang teh," tambahnya.

Perkebunan Teh Kertowono sendiri ada di wilayah Perkebunan Nusantara (PTPN) XII. Luas wilayah Perkebunan Teh Kertowono sendiri sekitar 2.267,97 hektar. 

Dari Kota Lumajang, Perkebunan Teh Kertowono berjarak sekitar 55 kilometer. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X