Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Steak Amerika Latin, Lebih Nikmat dari yang Lain...

Kompas.com - 17/05/2017, 12:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pecinta hidangan steak rasanya sayang jika tak mampir ke restoran satu ini. El Asador, restoran yang menjual hidangan khas Amerika Latin khususnya Argentina dan Uruguay di kawasan Kemang, Jakarta, menawarkan steak lezat dengan teknik memasak yang unik. Teknik memasak daging khas Amerika Latin menghasilkan steak yang cenderung berbeda dengan steak pada restoran umumnya.

"Kami satu-satunya restoran di Indonesia yang menggunakan parillas (panggangan khas dari Amerika Latin). Kayunya juga khusus, kayu rambutan yang memiliki tekstur mirip dengan kayu yang digunakan di tempat asalnya dengan asap yang lebih sedikit," kata Public Relations dan Marketing El Asador, Jessica saat ditemui KompasTravel, Selasa (16/5/2017). 

KompasTravel mengamati langsung cara membakar daging yang dilakukan di parillas El Asador. Parillas sejatinya adalah alat panggang berbentuk seperti pagar besi yang pada bagian dalamnya dilemparkan kayu bakar dan minyak untuk menjadikannya bara.

Kompas.com/Silvita Agmasari Nachos dengan empat saus berbeda dari El Asador.

Tak seperti tenik bakar lainnya yang menaruh daging di atas bara langsung, daging steak di El Asador ditempatkan di sebelah parillas. Dengan kata lain, teknik bakaran dilakukan secara menyamping. Kata Ubay selaku asisten koki di El Asador, teknik memasak steak menggunakan parillas memberi hasil akhir daging yang lebih juicy di dalam dan renyah di luar.

Uniknya jika dilihat saat memasak, Ubay sebenarnya tak memberi bumbu istimewa pada daging sapi dari Australia tersebut. Hanya garam dan merica untuk memberi rasa pada daging.

Namun ketika disantap, rasanya Anda patut menjadikan El Asador ke dalam daftar restoran steak yang patut dicoba di Jakarta. Sangat empuk, juicy, dan memiliki tekstur yang sangat halus. El Asador lebih memiliki cita rasa steak asli yang menonjolkan kenikmatan tekstur daging ketimbang steak yang dimarinasi dengan berbagai bumbu.

Kompas.com/Silvita Agmasari Mocktails non alkohon di El Asador.

Pendamping steak dan penambah rasa yang disajikan antara lain saus khas dari Amerika Latin, yakni chimichurri campuran dari paprika, tomat, dan minyak zaitun.

Untuk makanan pembuka, nachos dengan pilihan empat saus juga dapat menjadi pilihan. Sedangkan untuk minuman, El Asador menawarkan minuman beralkohol dan non alkohol. KompasTravel mencicipi mocktails Green Goblin dan Mango Berries Bluffing dengan rasa asam dan manis yang menyegarkan setelah menyantap daging juga dapat menjadi pilihan.

Harga hidangan di El Asador yang terletak di lantai dasar Gedung Kemang Point, Jalan Kemang Raya No 3 ini mulai dari Rp 45.000 - Rp 550.000. Khusus hari Senin sampai Jumat dari pukul 12.00-15.00 WIB, El Asador menawarkan paket makan siang dengan harga yang terjangkau. Restoran ini buka dari hari Minggu-Kamis pukul 11.00-00.00 WIB, sedangkan Jumat dan Sabtu buka pukul 11.00-02.00 WIB. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com