4 Obyek Wisata di Lumajang yang Tak Boleh Anda Lewatkan - Kompas.com

4 Obyek Wisata di Lumajang yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 17/05/2017, 13:05 WIB
Wisatawan tengah mengabadikan momen-momen matahari terbit dari Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (11/4/2017). Pemandangan yang ditawarkan dari Puncak B29 adalah Gunung Bromo, Batok, Lemongan, Raung, Semeru, dan Argopuro.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan tengah mengabadikan momen-momen matahari terbit dari Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (11/4/2017). Pemandangan yang ditawarkan dari Puncak B29 adalah Gunung Bromo, Batok, Lemongan, Raung, Semeru, dan Argopuro.

LUMAJANG, KOMPAS.com - Kabupaten Lumajang, Jawa Timur bisa jadi opsi destinasi liburan Anda bersama teman maupun keluarga. Ada sederet obyek wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, edukasi, sampai sejarah.

KompasTravel sempat berkeliling Lumajang dalam agenda Familiarization Trip Lumajang Tourism beberapa waktu lalu. Berikut KompasTravel berikan rekomendasi beberapa tempat wisata tak boleh terlewatkan saat berada di Lumajang.

1. Air Terjun Tumpak Sewu

Obyek pertama yang bisa dikunjungi adalah Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dinamakan Tumpak Sewu lantaran disebut-sebut punya seribu aliran air dan bila diartikan dalam bahasa Jawa adalah sewu.

Wisatawan bisa mengunjungi Pos Panorama dan lembah Air Terjun Tumpak Sewu. Di Pos Panorama, wisatawan bisa menikmati keindahan Air Terjun Tumpak Sewu dari ketinggian.

Menyambangi lembah Air Terjun Tumpak Sewu perlu usaha ekstra, yaitu trekking di jalur yang terjal.

(BACAAir Terjun Tumpak Sewu di Lumajang, Niagara-nya Indonesia

Wisatawan menikmati panorama Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (9/4/2017).KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati panorama Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (9/4/2017).
2. Perkebunan Teh Kertowono

Perkebunan Teh Kertowono ada di wilayah Perkebunan Nusantara (PTPN) XII. Luas wilayah Perkebunan Teh Kertowono sekitar 2.267,97 hektar.

Dari Kota Lumajang, Perkebunan Teh Kertowono berjarak sekitar 55 kilometer. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Wisatawan dengan minat khusus bisa menjajal medan perkebunan teh dengan motor trail. Selain itu, wisatawan juga bisa bermain sepeda di kebun teh.

(BACA: Wisata di Perkebunan Teh Kertowono, Apa Saja Aktivitasnya?

Suasana matahari terbit dilihat dari Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Suasana matahari terbit dilihat dari Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.
3. Jembatan Gladak Perak

Jembatan Gladak Perak terletak di perlintasan jalur selatan Kabupaten Lumajang-Malang. Di sana, Anda bisa sekadar berfoto ataupun duduk bersantai menikmati makanan dan minuman ringan dengan latar belakang perbukitan nan hijau.

Jembatan dengan panjang sekitar 100 meter tersebut membentang di di atas permukaan Sungai Besuk Sat, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

(BACA: Liburan ke Lumajang, Mampir ke Jembatan Zaman Belanda Gladak Perak

Wisatawan menikmati Jembatan Gladak Perak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (9/4/2017). Jembatan ini berada di sebelah selatan kaki Gunung Semeru dan membentang sekitar 80-100 meter di atas permukaan Sungai Besuk Sat.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati Jembatan Gladak Perak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (9/4/2017). Jembatan ini berada di sebelah selatan kaki Gunung Semeru dan membentang sekitar 80-100 meter di atas permukaan Sungai Besuk Sat.
4. Puncak B29

Puncak B29 bisa diakses melalui Desa Argosari, Kecamatan Senduro. Wisatawan akan diantar menggunakan ojek untuk menuju Puncak B29.

Pemandangan yang ditawarkan dari Puncak B29 terbilang menarik. Ada Gunung Batok, Bromo, Semeru, Raung, Lemongan, dan Argopuro yang menjadi daya tarik untuk dilihat. Matahari terbit tepat dari arah Gunung Lemongan, Raung, dan Argopuro.

(BACA: Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya..

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM