Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok 200 Tahun Kebun Raya Bogor, Banyak Kegiatan Seru

Kompas.com - 17/05/2017, 20:09 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Dalam rangka hari jadi yang ke-200 alias dua abad, Kebun Raya Bogor (KRB) menyelenggarakan berbagai rangkaian acara menarik. Acara ini bisa bisa diikuti oleh keluarga Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) maupun masyarakat umum.

Acara yang diselenggarakan pun tak hanya berlokasi di dalam kawasan Kebun Raya Bogor. Beberapa acara sengaja diselenggarakan oleh pihak luar bekerja sama dengan LIPI. Perayaan dua abad Kebun Raya Bogor akan berlangsung pada 18-21 Mei 2017. 

Berikut KompasTravel rangkum berbagai acara yang bisa dinikmati mulai Kamis (18/5/2017) hingga beberapa hari ked epan.

1. Pameran Akbar Perkebunrayaan

Ingin tahu segala hal tentang Kebun Raya Bogor? Datanglah ke pameran akbar yang digelar mulai Kamis (18/5/2017) sampai Minggu (21/5/2017). Semua tentang perkebunrayaan bisa Anda cari tahu di sini. 

Tak hanya memamerkan koleksi atau capaiannya, dalam pameran ini juga ada banyak kegiatan edukasi yang menyenangkan. Salah satunya storytelling bagi anak tingkat TK hingga SD. Juga kesenian tradisonal, hingga penampilan musisi-musisi jazz.

Lokasi pameran sendiri berada di Lapangan Astrid, dibuka hari pertama mulai pukul 12.00 WIB.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/5/2017). Kebun botani yang digagas oleh Prof C.G.C Reinwardt seorang botanis berkebangsaan Jerman sebagai tempat penelitian ini genap berusia 200 tahun.
2. Lari 5-200 kilometer keliling Kebun Raya Bogor

Penikmat lari marathon bisa mengikuti sesi lari dalam rangka 200 tahun KRB ini. Lomba lari dihelat pada tangga 20 hingga 21 Mei 2017.

Para peserta bisa memilih beberapa kategori lari yang dibedakan dari jaraknya. Mulai dari 5, 10, 21, 50, 100, hingga 200 kilometer. Rute yang ditempuh untuk semua kategori ialah di dalam dan luar lingkaran KRB.

3. Peluncuran perangko koleksi anggrek Indonesia

Pada peringatan dua abad Kebun Raya Bogor juga akan diluncurkan prangko khusus anggrek dari 34 provinsi di Indonesia. Peluncuran ini akan digelar bersamaan dengan ceremonial perayaan 2 abad KRB, Kamis (18/5/2015).

Kemudian prangko tersebut akan dirilis serentak di seluruh Tanah Air. Prangko tersebut merupakan edisi spesial untuk acara World Stamp Exhibition di Bandung yang akan dilaksanakan pada Agustus 2017.

4. Pertunjukan orkestra kebun

Pertunjukan musik orkestra ini akan disajikan secara spektakuler dan turut menghadirkan orkestra terkemuka di Indonesia. Wisatawan juga akan dihibur oleh pertunjukan video mapping dan penampilan teatrikal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com