Aneka Oleh-Oleh Khas dari Negeri Kanguru - Kompas.com

Aneka Oleh-Oleh Khas dari Negeri Kanguru

Silvita Agmasari
Kompas.com - 17/05/2017, 21:02 WIB
Kompas.com/Silvita Agmasari Oleh-oleh khas Australia, boneka dengan bentuk kangguru dan koala.

SYDNEY, KOMPAS.com - Negeri kanguru punya banyak benda menarik dan makanan unik yang dapat diboyong ke Tanah Air. Oleh-oleh khas Australia ini sangat mudah didapat di toko cinderamata dan pasar modern di Australia.

Namun, ada baiknya hindari membeli oleh-oleh di bandara dan daerah ramai turis karena harganya cenderung lebih mahal dari pada tempat lain. Berikut daftar oleh-oleh khas dari Australia, seperti yang KompasTravel rangkum saat media trip bersama Golden Rama Tours & Travel beberapa waktu lalu.

1. Boomerang

Boomerang adalah senjata khas Suku Aborigin, suku asli Australia. Meski fungsi aslinya adalah untuk berburu, boomerang kini populer sebagai suvenir khas Australia. Jika bisa, belilah boomerang asli buatan Suku Aborigin dengan label khusus di boomerang tersebut. Sebab belanja buatan tangan asli Suku Aborigin membeli kontribusi pada suku itu sendiri. 

Boomerang memiliki banyak ukuran, dari yang besar sampai kecil. Tetapi boomerang paling unik adalah yang memiliki bentuk tak simetris pada kedua ujung dan berukuran besar, berfungsi sebagai alat memburu kanguru oleh Suku Aborigin.

2. Aneka benda berbentuk koala dan kanguru

Mulai dari boneka, gantungan kunci, tempelan kulkas, sampai tas dengan bentuk kanguru dan koala adalah oleh-oleh paling mainstream dari Australia. Lebih murah jika memberi borongan di toko cinderamata.

Kompas.com/Silvita Agmasari Vegemite, selai khas Australia.

3. Vegemite

Ini adalah selai "ajaib" orang Australia terbuat dari ragi khusus yang kaya vitamin. Rasanya asin dan pahit, membuat sebagian orang terkejut akan rasa Vegemite. Inilah produk asli Australia dan salah satu makanan paling fenomenal dari Australia. Bisa dibeli di supermarket dengan berbagai ukuran.

4. Biskuit Tim Tam

Produsen biskuit Arnott's berpusat di Australia. Tak heran ada banyak varian biskuit Arnott's di Negeri Kanguru. Namun Tim Tam menjadi biskuit paling fenomenal dan buah tangan khusus dari Australia.

Berbeda dengan Tim Tam tanah air, Tim Tam Australia memiliki rasa yang beragam dan unik misalnya rasa Black Forest, mangga, leci dan kelapa, cokelat mint, karamel, dan masih banyak lainnya. Tim Tam dijual di seluruh supermarket dan minimarket.

5. Vitamin dan suplemen

Australia juga terkenal sebagai produsen vitamin dan suplemen untuk kesehatan yang berbahan alami. Meski ada di Indonesia, nyatanya harga suplemen dan vitamin dengan merek sama dapat berbeda jauh.

Untuk itu tak ada salahnya membawa suplemen dan vitamin asal Australia. Namun perhatikan jumlah pembelian yang sesuai dengan peraturan berlaku.

6. Wine

Australia juga terkenal akan perkebunan anggur dengan hasil wine yang nikmat. Ada beragam wine asli Australia dengan harga yang sangat terjangkau di banding di Tanah Air. Namun sekali lagi, belilah sesuai jumlah yang diperbolehkan oleh pihak bandara.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri

Komentar

Close Ads X