Ayunan Langit, Destinasi Wisata Pemacu Adrenalin di Kulon Progo - Kompas.com

Ayunan Langit, Destinasi Wisata Pemacu Adrenalin di Kulon Progo

Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Kompas.com - 18/05/2017, 07:10 WIB
ISTIMEWA/DOKUMENTASI CAMAT GIRIMULYO PURWONO Objek wisata Ayunan Langit Watu Jaran di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kulon Progo memiliki destinasi wisata baru tepatnya di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyono, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Destinasi wisata itu juga baru diresmikan pada Selasa (16/5/2017).

Destinasi wisata itu memiliki nama Ayunan Langit Watu Jaran. Namun, bukan ayunan biasa yang kerap ditemui di taman kota. Ayunan itu bisa membuat jantung pengunjung berdegup kencang karena berayun di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Ayunan itu berayun di atas jurang. Jadi di pinggir tebing setinggi 800 meter ada tiang pancang setinggi 10 meter tersambung dengan ayunan. Posisi ayunannya itu di atas jurang," ujar Camat Girimulyo, Purwono melalui sambungan telepon, Rabu (17/5/2017).

Meski berayun di atas jurang, Purwono mengatakan, keamanan ayunan itu terjamin. Pengelola obyek wisata Ayunan Langit Watu Jaran telah mendapatkan pembinaan dari SAR Yogyakarta.

"Untuk keamanan sudah ada bimbingan teknis dari SAR Yogyakarta. Jadi di ayunan itu ada operatornya yang berpengalaman. Di ayunan itu juga ada tali untuk mengamankan wisatawan," ujar Purwono.

Dikatakan Purwono, bagi yang tidak memiliki nyali memang tidak disarankan untuk menaiki ayunan ekstrim itu. Namun, kata dia, pengunjung yang datang tak perlu kecewa jika datang ke obyek wisata yang dikelola masyarakat Desa Purwosari itu.

"Ayunan Langit Watu Jaran juga menawarkan keasrian alam dan pemandangan Perbukitan Menoreh. Banyak spot-spot selfie yang bagus, tidak kalah dengan Kali Biru dan Mangunan. Dari tebing itu juga bisa lihat Purworejo. Kalau bandara baru sudah jadi, dari situ juga bisa kelihatan," tutur Purwono.

Purwono mengatakan wisatawan yang datang cukup membawa Rp 10.000 untuk bisa merasakan wisata ekstrem itu. Menurutnya, biaya itu untuk tiket masuk dan biaya jasa ojek dari lokasi parkir menuju lokasi wisata.

"Pengunjung yang datang tidak bisa langsung ke lokasi, nanti parkir di tempat yang disediakan, kemudian diantar naik ojek," ucap Purwono.

Objek wisata Ayunan Langit Watu Jaran buka mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Purwono menambahkan, Ayunan Langit Watu Jaran merupakan pengembangan wisata di Desa Purwosari. Di Desa Purwosari baru ada objek wisata Gua Kidang Kencana yang medannya cukup esktrem. Jaraknya hanya sekitar 200 meter dari Ayunan Langit Watu Jaran.

"Obyek wisata ayunan ini melengkapi wisata adrenalin di Kulon Progo. Karena selama ini juga belum banyak yang menaklukan Gua Kidang Kencana," kata Purwono.

PenulisKontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM