Oleh-oleh dari Kebun Raya Bogor, Bibit Kantong Semar sampai Kreasi Tanaman Unik - Kompas.com

Oleh-oleh dari Kebun Raya Bogor, Bibit Kantong Semar sampai Kreasi Tanaman Unik

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 18/05/2017, 16:10 WIB
KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Garden Shop Kebun Raya Bogor, menjual aneka buah tangan yang bisa dibawa oleh wisatawan.

BOGOR, KOMPAS.com - Kebun Raya Bogor ternyata memiliki oleh-oleh khas yang berbeda dengan oleh-oleh dari Kota Bogor.

Jika di Bogor kita bisa membawa pulang aneka kue talas, roti unyil dan yang lainnya, cobalah masuk ke Garden Shop di Kebun Raya Bogor (KRB). Di sana Anda bebas memilih buah tangan khas, mulai bibit tanaman langka, hingga kreasi suvenir unik dari tanaman.

Jejeran botol kecil setinggi 15 sentimeter berjejer rapi, lengkap dengan foto masa depannya di etalase. Kumpulan bibit tanaman itu siap dibeli wisatawan mulai harga Rp 10.000 - Rp 50.000. Jenis bibit dalam botol tersebut dari jenis anggrek, dan kantong semar.

"Disini selain jual bibit tanaman hias, buah, dan obat, juga jual tanaman langka dan unik seperti jenis-jenis anggrek langka dan kantong semar. Karena agar tanaman tersebut lebih memasyarakat lagi, dapat mengenal kekayaan flora indonesia," ujar Rizal selaku staf Garden Shop kepada KompasTravel, Selasa (16/5/2017).

KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Garden Shop Kebun Raya Bogor, menyediakan buah tangan mulai dari sticker, aksesoris, buku iptek, hingga bibit tanaman.

Bibit anggrek yang menjadi favorit wisatawan ialah anggrek bulan. Sedangkan yang langka ada anggrek raksasa dari Papua, anggrek hitam, dan anggrek panda. Sedang kantung semar ada ampularis, gacilis, rafflesiana, dan mirabilis.

Selain itu tanaman-tanaman lainnya pun dibuat kreasi, bibit bambu yang dirangkai untuk hiasan meja misalnya. Lalu ada bibit kaktus dengan berbagai bentuk unik, keduanya dijual Rp 40.000.

Tak hanya barang yang bisa dilihat, ada juga oleh-oleh camilan khas. Tentunya itu berbahan dasar tumbuhan, seperti kripik jamur tiram, kukis bekatul, hingga penyedap rasa alami dari jamur shitake. Itu semua dijual kisaran Rp 20.000 hingga Rp 28.000.

Bagi yang membawa anak, di sini juga banyak buku-buku dan CD tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Ada juga buku penelitian, hingga koleksi bunga-bunga Indonesia yang digagas isteri presiden keenam Indonesia, Ani Yudhoyono.

Bagi yang mencari suvenir, Anda juga bisa membeli aneka Batik Bogor bermotifkan bunga bangkai dan bunga raflesia Arnoldi seharga Rp 115.000, juga kaos bertema flora KRB Rp 45.000-Rp 100.000. Selain itu juga ada aneka kerajinan tangan seperti pot berlukiskan bunga raflesia, boneka horta, kerajinan tempat tisu dan laci dari kulit kayu.

Tertarik memiliki atau mengkoleksinya? Yuk main-main ke Garden Shop Kebun Raya Bogor. Tempat ini buka setiap hari pukul 07.30-16.30 WIB.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar
Terkini Lainnya

Close Ads X