Pelesir ke Kebun Raya Bogor, Lihat Tanaman-tanaman Serba Raksasa Ini! - Kompas.com

Pelesir ke Kebun Raya Bogor, Lihat Tanaman-tanaman Serba Raksasa Ini!

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 19/05/2017, 14:08 WIB
KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Jenis bambu raksasa, terbesar di dunia yang memiliki nama latin collomus giganteus ini berasal dari Burma. Namun, bisa dikembangbiakan di Kebun Raya Bogor.

BOGOR, KOMPAS.com - Kebun Raya Bogor (KRB) memang surganya bagi pecinta tanaman-tanaman unik. Salah satu yang harus Anda lihat disini ialah koleksi tanaman-tanaman terbesar di Indonesia bahkan di dunia.

1. Teratai raksasa

Anda tak perlu datang dan menyeberangi Sungai Amazon yang liar untuk melihat teratai terbesar. Di KRB, teratai terbesar dari Amazon tersebut telah dikembangbiakan sejak ratusan tahun lalu.

Menurut salah satu pemandu wisata di KRB, Iteng, teratai ini memiliki diameter hingga satu setengah meter, dan mampu menopang beban seberat tiga kilogram di KRB. Sedangkan di habitat aslinya, teratai amazonica ini bisa menopang hingga lima kilogram.

Jika Anda ingin melihatnya, datanglah ke KRB dan ikuti rute yang mengarahkan Anda pada Istana Bogor, atau Danau Gunting.

(BACA: Panduan Transportasi sampai Parkir di Kebun Raya Bogor)

Di ujung danau yang berbentuk seperti gunting inilah, teratai Amazonica tersebut dikembangbiakkan. Anda bisa berfoto di depan barisan teratai tersebut yang juga menghadap ke Istana Bogor. Selain di situ, teratai ini juga ada di danau depan Grand Garden Cafe.

2. Anggrek raksasa

Bunga anggrek, walaupun tanaman ini sudah dijadikan bunga nasional negara Korea Utara, tetapi Indonesia sebagai negara asalnya tetap memiliki jenis yang sangat beragam, dan unik. Salah satunya anggrek raksasa yang berasal dari Pulau Kalimantan dan Papua.

Iteng mengatakan, selain ukurannya yang sangat besar yaitu panjangnya mencapai tiga meter dan lebarnya mencapai satu setengah meter, tanaman ini juga kian langka. Wujud bunga ini memiliki batang beruas, dan menjuntai panjang seperti tebu.

Coraknya yang unik, yaitu hitam dengan totol kuning membuatnya menjadi primadona ketika mekar.

"Sayangnya anggrek raksasa ini hanya mekar dua tahun sekali," ujar Iteng kepada KompasTravel. Wisatawan dapat melihatnya di sisi jalan Lapangan Astrid, tepat di jajaran pohon depan Masjid KRB.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Anggrek raksasa yang saebenarnya bernama anggrek tebu atau anggrek macan, mekar di Kebun Raya Bogor hanya selama 2 bulan dalam kurun waktu 2 tahun sekali.
3. Bambu raksasa

Salah satu koleksi jenis bambu terbesar di dunia juga bisa Anda lihat di KRB. Bambu yang memiliki nama latin collomus giganteus ini berasal dari Burma.

"Sampai saat ini, bambu itu yang merupakan jenis terbesar di dunia. Kalaupun ada bambu yang lebih besar, tapi sampai saat ini yang diakui berdasarkan kajian keilmuan adalah jenis ini," ungkap Iteng.

Bambu ini terletak sangat dekat dengan gerbang dua KRB, juga berdekatan dengan Taman Teijsman.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Pohon bambu raksasa (Dendrocalamus giganteus Munro) adalah salah satu tanaman koleksi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/5/2017). Kebun botani yang digagas oleh Prof CGC Reinwardt seorang botanis berkebangsaan Jerman sebagai tempat penelitian ini genap berusia 200 tahun.
4. Pohon raksasa terbesar di KRB

Jika Anda ingin melihat pohon mana yang terbesar di KRB, inilah jawabnnya. Pihak KRB menjulukinya pohon raja, berasal dari jenis polong-polongan.

Pasalnya, meskipun umurnya yang masih muda, namun tingginya sudah mencapai belasan meter, dengan keliling batang lebih dari dua meter.

"Sebenarnya yang lebih besar banyak, tapi ini masih muda dan besar. Apalagi nanti jika usianya sudah tua, makanya jadi pohon terbesar," ujar Iteng.

Jika Anda ingin melihatnya, lokasinya tepat setelah gerbang masuk utama. Berada berhadapan dengan parkiran motor. Saking tingginya, ujung dari pohon ini tak terlihat, karena tertutup daun dan ranting dari pohon di sekitarnya.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Akar pohon kayu raja dari Asia (Koompassia excelsa) adalah salah satu tanaman koleksi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/5/2017). Kebun botani yang digagas oleh Prof C.G.C Reinwardt seorang botanis berkebangsaan Jerman sebagai tempat penelitian ini genap berusia 200 tahun.
5. Pakis raksasa

Di Indonesia akrab disapa pakis haji, pakis haji raksasa ini dari jenis pakis haji naga. Menurut penjelasan di kawasan pakis, jenis tumbuhan ini telah ada dari zaman purba, sekitar 200 juta tahun yang lalu.

Saat anda masuk kawasan ini, hati-hati tersesat, karena jarak antar pohonnya yang rapat dan lebat, juga ketinggian pakis raksasa ini rata-rata tiga meter. Lokasi pakis ini berada di arah menuju Taman Meksiko, bagian selatan KRB.

(Baca juga 7 Hal yang Membuat Kebun Raya Bogor Istimewa)

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X