Tiga Cara Terbaik Menjelajahi Kebun Raya Bogor - Kompas.com

Tiga Cara Terbaik Menjelajahi Kebun Raya Bogor

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 19/05/2017, 18:12 WIB
KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Wisatawan selain bisa berjalan kaki, juga menggunakan sepeda, dan mobil wara-wiri untuk menjelajahi Kebun Raya Bogor.

BOGOR, KOMPAS.com - Ini adalah saat yang tepat menyambangi Kebun Raya Bogor (KRB), karena bertepatan dengan 200 tahun eksistensi kebun raya tersebut.

Kebun raya seluas 87 hektar ini bisa dinikmati bersama teman, keluarga, maupun pasangan. Jika Anda suka berjalan kaki, maka jalan kaki adalah salah satu cara paling asyik untuk berkeliling. Namun selain itu, ada tiga opsi lain untuk menjelajahi Kebun Raya Bogor seperti dihimpun KompasTravel.

1. Naik mobil wisata wara wiri

KRB menawarkan fasilitas Mobil Wisata Wara Wiri. Mobil wisata ini berukuran bus kecil. Satu armada bisa muat hingga delapan wisatawan. 

Anda bisa membeli tiket mobil wisata ini seharga Rp 15.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Tiket bisa dibeli pukul 09.00-16.00 WIB setiap harinya. Anda juga bisa menyewanya secara personal (untuk keluarga besar misalnya) pada Senin-Jumat.

2. Naik mobil golf

Selain Wara Wiri, ternyata ada moda transportasi lain yang terlihat lebih elegan. Yaitu mobil golf panjang.

Mobil golf ini secara fungsi dan fasilitas hampir sama dengan Wara Wiri, berkeliling KRB dengan dipandu tour guide. Namun, perjalanan akan lebih nyaman, rute yang ditempuh sedikit berbeda tepatnya di Taman Mexico. Harga tiketnya juga berbeda.

Untuk menikmatinya, wisatawan bisa membeli karcis di Lapangan Astrid, depan Masjid, atau di tempat anggrek raksasa. Harga tiketnya Rp 25.000 dengan durasi berkeliling hingga 30 menit.

Jika ingin lebih eksklusif, wisatawan bisa menyewanya secara personal untuk rombongan sendiri. Pada hari kerja dan dikenakan biaya Rp 150.000. Satu mobil golf panjang ini bisa memuat tujuh orang wisatawan, belum termasuk supir yang merangkap tour guide.

3. Sewa sepeda

Satu lagi alternatif menjelajahi Kebun Raya Bogor tanpa lelah berjalan ialah dengan menyewa sepeda. Lokasi sewanya  sama dengan loket mobil Wara Wiri. Harga sewa sepedanya Rp 15.000 per jam, dan libur pada hari Jumat.

Namun tak semua wisatawan bisa menyewa sepeda di sini karena dibatasi tinggi badan, yaitu minimal 125 sentimeter. Jenis sepedanya ialah mountain bike, dengan tinggi roda antara 26 inci dan 20 inci. Tergantung kenyamanan wisatawan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM