Kenapa Pilih Liburan ke Perth Ketimbang Sydney? - Kompas.com

Kenapa Pilih Liburan ke Perth Ketimbang Sydney?

Ni Luh Made Pertiwi F
Kompas.com - 19/05/2017, 22:07 WIB
KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Halaman Swan River, di Perth, Australia juga bisa dijadikan tempat berolahraga, termasuk bersepeda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota-kota besar di Australia selama beberapa tahun belakangan menjadi destinasi wisata pilihan bagi turis Indonesia. Seperti Sydney dan Melbourne yang kerap dikenal sebagai tempat liburan favorit turis Indonesia saat berkunjung ke Australia.

Namun, ada pilihan lain yaitu Perth di Australia Barat. Ada keunggulan mengapa Perth bisa menjadi pilihan destinasi wisata bagi turis Indonesia dibanding Sydney dan Melbourne.

"Kota ini terdekat dari Indonesia, jika dibanding dengan Sydney dan Melbourne yang sudah lebih dikenal orang Indonesia. Ke Perth hanya empat jam dari Jakarta. Kalau Melbourne dan Sydney lamanya delapan jam," kata Marketing Manager Tourism Western Australia untuk Indonesia, Farida Ibrahim, saat acara Just Another Day in Western Australia di Kemang, Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Maskapai penerbangan yang melayani rute ke Perth dari Indonesia antara lain Garuda Indonesia, Jetstar, Qantas, dan lainnya.

"Tiketnya sekitar enam juta (Rupiah) ya. Kalau yang seperti Jetstar mungkin bisa lebih murah, karena dari Bali dan frekuensi terbangnya lebih banyak," tutur Farida.

Menurut Farida, Perth bisa jadi pilihan turis Indonesia yang mencari suasana kota dengan budaya Barat dan memiliki empat musim. Dari berbagai daerah di Australia Barat, Perth menjadi kota favorit kunjungan turis Indonesia.

"Orang-orang senang kembali lagi ke Perth, karena cuacanya dan juga banyak orang Indonesia ke Perth untuk mengunjungi keluarga dan teman yang tinggal di kota itu," katanya.

Wisata-wisata baru di Perth memungkinkan pengunjung untuk menggali lebih dalam tentang kota ini dan masa lalunya, termasuk sejarah Aborigin-nya. Misalnya pengalaman di atas kapal tenaga surya untuk dua jam pelayaran Indigenous Experiences Australia di sekitar Derbal Yerrigan (Swan River).

Aktivitas lainnya seperti wisata jalan kaki dengan panduan GoCultural’s Noongar akan memperlihatkan gabungan yang menarik antara Kota Perth modern dan situs serta jejak Aborigin kuno.

Diluncurkan pada awal 2016, Swan River Seaplanes menawarkan tur satu hari dari Perth ke Margaret River naik pesawat amfibi. Pesawat tersebut akan menerbangkan para penumpang sepanjang pantai Australia Barat yang menakjubkan sebelum mendarat di Margaret River untuk menikmati makanan gourmet dan mencicipi minuman anggur.

Ada juga penawaran wisata baru yang tersedia di Swan Valley, termasuk pengalaman Explore Tours Perth’s Cheese and Wine Making.

Berdasarkan data statistik dari Tourism Western Australia, terjadi peningkatan jumlah kunjungan turis Indonesia ke Australia Barat sebesar 17 persen. Hingga akhir Desember 2016, tercatat 28.000 turis Indonesia berkunjung ke Australia Barat.

PenulisNi Luh Made Pertiwi F
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X