Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Matahari Terbit dengan Panorama Gunung Sekaligus Laut

Kompas.com - 20/05/2017, 08:01 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

LUMAJANG, KOMPAS.com - Karyawan Pelaksana Tata Usaha Bagian Anggaran dan Tanaman PTPN XII, Rudi Eko Purwanto mengatakan Perkebunan Teh Kertowono adalah salah satu tujuan wisata di Lumajang. Wisatawan datang salah satunya untuk menikmati momen matahari terbit.

"Selain itu biasanya ingin ke pabrik. Ingin lihat edukasinya. Ada juga setelah ke kebun, ingin main keliling-keliling," jelas Rudi saat ditemui beberapa waktu lalu.

(BACA: 4 Obyek Wisata di Lumajang yang Tak Boleh Anda Lewatkan)

Perkebunan Teh Kertowono sendiri ada di wilayah Perkebunan Nusantara (PTPN) XII. Luas wilayah Perkebunan Teh Kertowono sendiri sekitar 2.267,97 hektar.

Dari Kota Lumajang, Perkebunan Teh Kertowono berjarak sekitar 55 kilometer. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Pemandangan yang ditawarkan di Kertowono beragam. Di sebelah barat ada Gunung Semeru. Di sebelah timur ada Gunung Raung, Lemongan, dan Argopuro. Ada pula pemandangan rumah-rumah di daerah Lumajang. Ada juga Pulau Nusa Barong di arah selatan.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Rekan jurnalis dari Jakarta berada di Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi setelah menikmati suasana matahari terbit di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.
KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Jurnalis dari Jakarta mengabadikan suasana matahari terbit dilihat dari Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.
KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Suasana matahari terbit dilihat dari Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com