Sensasi Memberi Makan Panda di Ocean Park Hongkong - Kompas.com

Sensasi Memberi Makan Panda di Ocean Park Hongkong

Kahfi Dirga Cahya
Kompas.com - 20/05/2017, 18:34 WIB
Arsip Ocean Park Hongkong Memberi makan panda merupakan salah satu program Meet The Giant Panda di Ocean Park Hongkong.

HONGKONG, KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat panda secara langsung? Bila belum, Anda bisa menjadwalkan liburan ke Ocean Park Hongkong. Pertemuan dengan The Giant Panda atau akrab disebut panda pasti akan lebih berkesan.

Ada tiga panda di Theme Park terbesar tertua di Hongkong ini, yakni Ying Ying, Le Le dan An An. Pada Kamis (18/5/2017), KompasTravel diundang Ocean Park Hongkong untuk mendapat kesempatan langsung bertemu dengan panda.

Menariknya, dalam kesempatan itu juga diajak untuk mengikuti program “Meet The Giant Panda”. Salah satu program edukasi ini menarik karena pengunjung diajak untuk mengenal lebih dalam soal panda.

Perjalanan pertemuan dengan panda dimulai dengan pemberian arahan kepada pengunjung oleh tim Ocean Park Hongkong. Anda tak diperkenankan untuk menyentuh dan membawa kamera.

Selain itu, untuk bertemu panda, Anda harus mengenakan apron atau romp. Ini dilakukan karena panda sensitif dengan barang baru dan harus steril. Anda juga akan diberikan lembaran untuk memastikan dalam keadaan sehat.

Bertemu panda dimulai. Setelah mengikuti kelas edukasi soal panda, Anda akan diajak memasuki kamar panda. Sebelumnya, Anda harus memastikan bersih dengan menceburkan kaki ke air khusus.

Setelah itu, Anda akan diajak ke dalam dapur tempat pelatih panda. Di sana, para pelatih akan mengajarkan peserta seluk beluk soal makanan panda. Salah satu pelatih panda adalah Matt.

"Di sini, kami biasa memberikan panda buah-buahan," kata Matt kepada KompasTravel di Ocean Park Hongkong, Kamis (18/5/2017).

Saya diberikan kesempatan untuk menyiapkan hidangan untuk panda. Yummy! Kali ini Ocean Park Hongkong memberikan saya apel untuk dipotong ke dalam ukuran kecil.

Menariknya, potongan apel itu ditumpuk menjadi satu dengan ranting bambu. Bentuk makanan panda yang saya buat menjadi seperti sate apel dengan daun bambu.

Kini tiba saatnya bertemu dengan Panda. Jujur, ini adalah pengalaman pertama saya bertemu Panda. Matt mengarahkan ke sebuah pintu besi. Krek, sebuah jendela besi di pintu dibuka dan bertemu panda!

Panda itu diberi nama Le Le. Salah satu pelatih mencoba berkomunikasi dengan memberikan instruksi lewat jendela kaca dengan celah lubang kecil. Saya pun takjub, karena Le Le pintar dan patuh.

Matt memberikan kesempatan lebih dekat dengan Le Le. Berbekal buah apel yang sudah disiapkan, Matt mempersilakan saya untuk memberikan makan Le Le. Dengan perlahan saya mulai memberikan buah apel yang ditusuk ranting bambu kepada Le Le lewat celah kecil.

Dan, hap! Le Le mengambil apel dengan tangan kiri dan langsung memakan apel satu per satu. Setelah memberi makan, Anda tak akan melewatkan untuk foto bersama dengan panda. Tentu foto akan diambil oleh tim dari Ocean Park Hongkong.

Untuk menikmati program Meet The Giant Panda, Anda hanya perlu mengeluarkan kocek seharga 430 dollar Hongkong atau sekitar Rp 730.000 untuk satu orang.

Bila Anda berdua, maka harga bisa lebih murah, yakni 690 dollar Hongkong atau sekitar Rp 1,17 juta untuk dua orang.

Batas usia minimal untuk mengikuti program ini adalah tiga tahun dan hanya dibuka di hari Minggu. Maksimal peserta program Meet The Giant Panda adalah delapan orang.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKahfi Dirga Cahya
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM