Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermain ke "Kutub Selatan" dan Bertemu Penguin

Kompas.com - 22/05/2017, 06:58 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

HONGKONG, KOMPAS.com - Sebuah pengalaman tak terlupakan bisa bersentuhan dengan penguin. Pengalaman ini bisa Anda dapatkan di Ocean Park Hongkong. KompasTravel diundang Ocean Park Hong Kong untuk menikmati pengalaman ini selama 17-19 Mei 2017.

Bagi saya, ini pengalaman pertama, seperti bertemu The Giant Panda pada Kamis (18/5/2017). Pertemuan ini merupakan bagian dari program "Penguin Encounter", di mana pengunjung diajak untuk mengenal lebih dekat dengan penguin yang memiliki habitat di Kutub Selatan.

(BACA: 3 Alasan Anda Harus Habiskan Liburan di Ocean Park Hongkong)

Program ini mengharuskan para peserta dalam keadaan sehat. Sebelum Anda bertemu penguin, tim Ocean Park terlebih dahulu memberitahukan soal aturan.

Arsip Ocean Park Hongkong Berforto bersama penguin dalam program Encounter Penguin di Ocean Park Hongkong, Kamis (19/5/2017).
Menariknya, Anda akan memakai baju khusus seperti para pelatih penguin. Ada dua lapis pakaian. Pertama pakaian baju dan celana yang menjadi satu. Kemudian akan diberikan jaket dan celana khusus.

"Pakaian khusus ini diberikan karena Anda akan berada di suhu habitat penguin," kata Dorothy, tim dari Ocean Park Hongkong kepada KompasTravel di Hongkong, Kamis (18/5/2017).

Setelah diberikan arahan soal aturan, peserta akan langsung masuk ke dalam tempat perawatan khusus penguin. Suhu dingin pun langsung merebak ke tubuh meskipun sudah memakai dua lapis pakaian.

Suhu di tempat ini sekitar 8 derajat celcius. Peserta tak lupa diberikan kacamata dan sarung tangan khusus. Ini bertujuan melindungi Anda saat bertemu penguin.

Kini tiba saatnya bertemu dengan burung laut yang menggemaskan. Anda akan diminta berdiri di belakang pembatas. Tak lama, dari balik pintu besi rombongan penguin keluar dengan jalan khas.

Pertemuan dengan penguin ini sebagai pembuka, di mana Anda akan dijelaskan lebih jauh soal soal penguin seperti berat badan hingga kaki penguin yang berselaput renang.

Belum puas melihat penguin lebih dekat, Anda akan diajak untuk masuk ke dalam ruang pameran penguin. Ruang ini menjadi tontonan pengunjung Ocean Park lain karena terdapat banyak penguin.

Arsip Ocean Park Hongkong Bertemu penguin dalam program Encounter Penguin di Ocean Park Hongkong, Kamis (19/5/2017).
Ocean Park Hongkong sendiri memiliki tiga jenis penguin, yakni King Penguin, Southern Rockhopper Penguin dan Gentoo Penguin. Di tempat pameran ini, ketiganya membaur menjadi satu.

Anda pun akan takjub dan dibuat tertegun. Sebab para penguin sangat lincah. Setelah masuk ke tempat eksebisi, Anda dipersilakan untuk berfoto. Tentu foto akan diambil oleh tim Ocean Park Hongkong.

Pengambilan foto harus dengan hati-hati. Anda hanya diperkenakan berfoto dengan dua gaya, yakni dengan kaki kanan di depan dan badan sedikit membungkuk dan foto dengan bersentuhan dengan penguin.

“Sentuhan pun harus di bagian punggung, tidak boleh kepala, sayap dan kaki, karena akan sensitif,” kata salah satu pelatih penguin.

Arsip Ocean Park Hongkong Memberi makan penguin dalam program Encounter Penguin di Ocean Park Hongkong, Kamis (19/5/2017).
Belum puas berfoto dengan penguin, Anda tak akan melewati bagian ini, memberi makan penguin! Ya, Ocean Park Hongkong akan memberikan tiga boks berisi ikan dan wadah.

Anda diminta untuk mengambil ikan dan memberikan penguin dengan menjatuhkan dari atas. Tentu harus berhati-hati, sebab saat pluit dibunyikan, penguin akan menyerbu. Di saat itu lah ikan yang disiapkan tadi segera disantap oleh penguin. Bagaimana, Anda tertarik?

Tak perlu ragu untuk ikuti program ini dengan harga 1.180 dollar Hongkong untuk satu orang. Bila Anda rombongan sebanyak enam orang, maka akan diberikan diskon 15 persen. Perlu Anda ketahui usia minimal mengikuti ini adalah delapan tahun dengan tinggi badan minimum 1,3 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com