Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja dan Ratu Swedia Naik Kereta Wisata Kepresidenan ke Bandung

Kompas.com - 24/05/2017, 13:36 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia telah bertolak ke Bandung menggunakan kereta api pada Rabu (24/5/2017) pagi dari Stasiun Gambir, Jakarta. Rombongan Raja dan Ratu Swedia diagendakan bertemu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pendopo Kota Bandung.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1, Suprapto, mengatakan bahwa Raja Swedia dan rombongan bertolak dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Bandung dengan menggunakan KA 22 (KA Argo Parahayangan) relasi Gambir - Bandung yang berangkat dari Stasiun Gambir jam 08:45 wib. 

"Raja Swedia dan rombongan menempati dua gerbong kereta wisata khusus yang bernama kereta Bali dan kereta Priority," kata Suprapto dalam keterangan tertulis.
 
Ia mengatakan gerbong kereta Bali berkapasitas 20 orang. Interiornya dipenuhi nuansa Bali.
 
"Kereta wisata ini dibuat tahun 1967 sebagai kereta kepresidenan yang sampai saat ini masih digunakan jika ada perjalanan kenegaraan," jelasnya.
 
DOK. PT KAI Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia naik kereta wisata Bali menuju Bandung dari Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (24/5/2017).
Kereta wisata gerbong Bali punya fasilitas seperti prasmanan yang komplit dan coffee break. Ada pula fasilitas karaoke dengan TV layar 55 inci, toilet, dan prama prami khusus.

Kereta wisata sendiri sering dijadikan pilihan presiden. Salah satu presiden yang gemar menggunakan kereta wisata yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Supervisor Operasi PT Kereta Api Pariwisata R Bayu Santika pernah mengatakan bahwa selama menjabat sebagai Presiden RI, SBY beberapa kali menumpang kereta wisata dalam melakukan kunjungan kerja. Beberapa menteri juga pernah mendampingi SBY di dalam kereta wisata.

SBY juga beberapa kali memilih menggunakan kereta wisata saat pulang ke kampung halaman.

"Kesukaan beliau adalah Toraja sewaktu jadi presiden. Setelah tidak lagi berdinas, beliau ada pilihan lain, yaitu Imperial yang menjadi favorit beliau," kata Bayu.

Selain melakukan pertemuan kenegaraan dengan Ridwan Kamil, Raja Carl XVI Gustav dan Ratu Silvia juga mengagendakan akan bertemu dengan Viking Fans Club, yakni komunitas pendukung klub sepak bola Persib Bandung. Pertemuan tersebut dilakukan atas permintaan Ratu Silvia. Pasalnya, Viking merupakan nama leluhur bangsa Swedia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com