Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Coba Kambing Bakar ala Jepang? Ini Dia Tempatnya

Kompas.com - 24/05/2017, 20:11 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang Jepang di pulau bagian selatan tak akrab dengan daging kambing. Hanya orang Jepang di pulau bagian utara, tepatnya Hokkaido, yang gemar menyantap daging kambing.

Oleh karena itu, daging kambing umumnya tak termasuk dalam menu hidangan restoran Jepang di Tanah Air. Namun kini, di Jakarta Anda dapat menikmati kambing bakar ala Hokkaido di restoran Zin.

"Zin memiliki arti hati yang damai," kata koki di restoran Zin, Ando-san yang asli Hokkaido saat ditemui KompasTravel, Selasa (23/5/2017).

Restoran Zin yang terletak di Jalan Gunawarman Nomor 71, Jakarta Selatan adalah adalah 'adik' dari restoran hidangan Hokkaido, Taigi yang terletak di Mandiri Tower, Jalan Jendral Sudirman.

Dengan konsep ruang yang kasual dan lebih intim, Zin memang lebih kecil dari Taigi, hanya dapat menampung 48 orang. Namun karena itu, orang Jepang justru gemar berkumpul di sini. Jangan heran saat membuka pintu Zin akan lebih banyak tamu orang Jepang ketimbang orang lokal. 

Kompas.com/Silvita Agmasari Suasana di Restoran Jepang ala Hokkaido, Zin.

Untuk hidangan, restoran Zin mengedepankan hidangan kambing bakar dengan alat yang disebut genghis khan (penyebutan Jepang; jingisukan). Orang Hokkaido menyebut alat panggang tersebut dengan tokoh Mongolia karena bentuknya yang mirip topi Genghis Khan.

Daging kambing bakar akan langsung dimasak di atas meja. Tamu boleh memilih ingin memasak sendiri atau dibantu memasak oleh pramusaji. Sebelum daging dibakar, genghis khan akan ditutupi sayuran. Hal ini dilakukan agar minyak daging diserap oleh sayuran, dan keduanya jadi lebih nikmat.

Menariknya saat proses memasak daging, tak menimbulkan asap yang bau. Sehingga jangan takut rambut atau pakaian jadi berbau karena menyantap daging bakar ala Hokkaido ini.

Kompas.com/Silvita Agmasari Hidangan makan siang di restoran Zin, terdiri dari yakiniku, sup tahu daging, telur dadar ala Jepang, dan sapi wagyu.

Untuk menikmati hidangan daging bakar, disediakan saus celupan dari Hokkaido. Ando san menyarankan untuk menambahkan bawang putih, jahe, dan bubuk cabai ke saus yang terasa gurih tersebut agar rasa lebih variatif. Ada enam pilihan saus yang tersedia di restoran Zin yakni saus original, kacang, kecap, bawang, pedas, dan teh hijau. 

Soal rasa daging kambing, nyatanya tak ada bau khas kambing yang muncul ketika mengunyah daging kambing di restoran Zin. Tanda bila pengolahan dilakukan dengan baik. Tekstur daging juga tak alot karena dipotong tipis-tipis.

Kompas.com/Silvita Agmasari Kambing muda bakar yang dimasak di atas sayuran di Restoran Zin.

Jika tak suka daging kambing, pilihan daging lain yang disediakan adalah daging sapi wagyu, dan domba Australia.

Restoran Zin buka setiap hari dari pukul 11.00-01.00 dini hari. Khusus waktu makan siang dari hari Senin sampai Jumat pukul 12.00-15.00 WIB, tersedia menu makan siang yang terdiri dari karage, katsu, teriyaki, gyushougayaki, kari dan daging panggang yang telah dimasak di dapur. Harganya Rp 70.000 - Rp 80.000.

Untuk hidangan daging bakar di restoran Zin, harga dimulai dari Rp 68.000 - Rp 185.000 per porsi daging. Bulan Juni 2017, rencanya restoran Zin akan memulai hidangan makan sepuasnya daging bakar ala Hokkaido.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com