Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang Akhir Pekan, PT KAI Operasikan 8 Kereta Tambahan

Kompas.com - 24/05/2017, 22:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta akan mengoperasikan delapan kereta tambahan dengan total 4.000 tempat duduk selama libur panjang Kenaikan Isa Almasih.

Langkah tersebut diambil untuk antisipasi meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi kereta jelang libur panjang (long weekend) yang berbarengan dengan libur Kenaikan Isa Almasih yang jatuh pada Kamis (25/5).

"PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan KA-KA tambahan tersebut terdiri dari tujuh KA kelas eksekutif yang berangkat dari Stasiun Gambir, dan satu KA kelas ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen," kata Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTravel, Rabu (24/5/2017).

Suprapto menambahkan kereta-kereta tambahan tersebut akan dioperasikan mulai 24 – 29 Mei 2017. Dlelapan kereta tambahan tersebut dioperasikan dengan kota tujuan antara lain Bandung, Surabaya Gubeng, Solo Purwosari, dan Cirebon.

"Bandung empat KA, dan Surabaya Gubeng, Solo, Purwosari, serta Cirebon masing-masing satu KA," tambahnya.

Minat masyarakat yang tinggi terhadap moda transportasi KA ini terlihat dari mulai terjual habisnya tiket KA di tanggal-tanggal favorit yakni 24 – 25 Mei.

"Berdasarkan data penjualan tiket sampai pukul 15.00 WIB, KA tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mengalami peningkatan penjualan," ujar Suprapto.

Ia menghimbau bagi calon penumpang agar memantau langsung data sisa tempat duduk kereta api melalui website tiket.kereta-api.co.id atau melalui channel-channel eksternal PT KAI. Hal itu lantaran data tempat duduk akan selalu berubah dalam hitungan detik.

"Pastikan pemesanan tiket sesuai identitas bagi yang akan bepergian, dan jika identitas tidak sesuai maka tiket dinyatakan tidak berlaku. Pastikan jadwal keberangkatan dan tanggal keberangkatan KA dan pertimbangkan waktu tempuh perjalanan menuju stasiun keberangkatan KA. Untuk kenyamanan pengguna jasa KA, agar menghindari membeli tiket dari penawaran jasa perorangan yang akan merugikan konsumen, pastikan reservasi melalui agen atau channel-channel resmi yang bekerjasama dengan PT KAI," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com