Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati Pakai "Water Heater" Saat Menginap di Hotel

Kompas.com - 26/05/2017, 14:09 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain di rumah tinggal, water heater biasa digunakan di hotel terutama yang memiliki sedikit kamar. Water heater berguna untuk memanaskan air, dan dipasang langsung di kamar mandi.

"Hotel yang menggunakan water heater biasanya budget hotel atau hotel dengan kamar sedikit. Hotel besar biasanya menggunakan central heater (pemanas yang terpusat) atau solar cell," tutur Setiana, Chief Engineer Hotel Santika Premiere Jogja kepada KompasTravel, Jumat (26/5/2017).

Setiana menuturkan bahwa ada dua jenis water heater, yakni elektrik dan gas. Water heater elektrik tentu lebih berbahaya, karena menghantarkan listrik. Sementara air, menurut Setiana, juga merupakan penghantar layaknya tubuh manusia.

(BACA: Petugas Housekeeping, Perlukah Diberi Tip?)

"Water heater elektrik itu lebih berbahaya. Bisa jadi heater-nya bocor, karena terbuat dari tembaga. Biasanya karena termakan usia sehingga heater tembaga tersebut terkena air. Listrik pun dihantarkan ke semua bagian water heater, dan kabelnya lah yang biasanya kita pegang," paparnya.

Kesalahan teknis pemasangan 

Selain termakan usia, bocornya heater juga bisa diakibatkan oleh kecerobohan pada teknik pemasangan. 

"Bisa jadi dindingnya lembab, atau airnya bocor dari atap sehingga merembes pada dinding. Oleh karena itu yang memasang water heater harus tahu betul mana permukaan dinding yang aman. Kesalahan teknis sedikit saja bisa fatal akibatnya," papar Setiana.

Sepanjang penggunaan pun, lanjutnya, water heater perlu diservis secara rutin.

"Harus dicek ulang kelaikan kabelnya, kondisi dinding di belakangnya, dan lain-lain," tuturnya.

Opsi selain water heater individual

Selain water heater satuan di tiap kamar, hotel punya beberapa opsi lain untuk pemanas air.

"Bisa pakai boiler, solar cell, atau PHE (Plate Heat Enhancer) seperti yang digunakan oleh Santika Jogja. Dua opsi terakhir lebih aman dan tidak berisiko, juga zero waste," tutur Setiana. 

Demi keselamatan, ia menghimbau wisatawan untuk berhati-hati ketika mendapati water heater di kamar mandi hotel. 

"Lebih baik tanyakan dulu kepada resepsionis atau petugas hotel, apa yang mereka gunakan untuk memanaskan air. Jika mendapati water heater terutama elektrik di kamar, cek terlebih dahulu dinding di belakangnya. Jika ada yang bocor, segera laporkan ke pihak hotel," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com