Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berminat Wisata Edukasi ke Rumah Tempe Indonesia? Ini Caranya...

Kompas.com - 27/05/2017, 11:26 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Tempe sebagai makanan asli Indonesia kini sedang dikenalkan lebih jauh kepada masyarakat oleh beberapa organisasi peduli tempe, seperti Forum Tempe Indonesia (FTI), Koperasi Pengusaha Tempe Tahu Indonesia (KOPTI), juga berbagai lapisan seperti ahli pangan.

Tak hanya hidangannya, Rumah Tempe Indonesia di Bogor membuka diri bagi wisatawan yang ingin menikmati program wisata tempe.

Berlokasi di Jalan Raya Cilendek Nomor 27, Cilendek, Bogor, Jawa Barat. Tidak jauh jika Anda mengunjunginya menggunakan kereta. Dari Stasiun Bogor cukup naik angkot 07 disambung 06 tujuan Merdeka-Parung.

Wisata tempe terbagi antara tiga jenis, yang pertama untuk wisatawan yang hanya bertujuan untuk mengenalkan tempe dari segi industri juga pangannya. Wisatawan di sini hanya berkunjung ke RTI untuk melihat prosesnya, penataan ruangan hingga membeli hasil produksi tempenya.

(BACA: Meski Bergizi Tinggi Inilah Tips Memilih Tempe yang Baik)

Jika Anda berminat, tinggal datang dan registrasi langsung di kantor KOPTI yang ada di samping RTI Bogor. Namun untuk wisatawan lebih dari lima orang atau bersifat rombongan harus pesan terlebih dahulu, untuk dikondisikan pada hari pelaksanaan.

Anda juga harus memesan tempe yang ingin dibawa untuk buah tangan jika ingin membeli dalam jumlah banyak.

KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pngerajin tempe sedang melakukan tahapan penyaringan tunas, setelah kedelai diberi ragi di Rumah Tempe Indonesia (RTI), Bogor, Selasa (23/5/2017).
Kedua, wisatawan yang ingin belajar khusus membuat tempe hingga dapat membuatnya sendiri. Jenis wisata ini memang seperti workshop dalam satu hari penuh.

“Mulai dari pengenalan teori sampai dipastikan bisa produksi sendiri, kita fasilitasi, dan dijamin bisa,” ujar Sukhaeri, Kepala Koperasi Pengusaha Tempe Tahu Indonesia (KOPTI) Kabupaten Bogor, pada KompasTravel saat dikunjungi, Selasa (23/5/2017).

(BACA: Wisata Rumah Tempe Indonesia, Melihat Produksi Tempe yang Diakui Dunia)

Bagi Anda yang ingin sampai bisa memproduksi tempe sendiri, bisa mengambil paket ini. Dengan mengonfirmasi sebelunya ke kantor KOPTI atau reservasi lewat kontak di web RTI.

Wisatawan yang ingin mengikuti workshop tempe maksimal lima orang untuk satu kelompok. Dengan biaya Rp 5 juta untuk satu kelompok tersebut.

Terakhir, paket wisata yang lebih intensif untuk wisatawan luar negeri. Menurut Sukheri, ini biasanya melewati kedutaan besar (kedubes) negara bersangkutan. Kegiatannya tak hanya belajar soal tempe dan seluk beluk industrinya, tetapi juga field trip ke berbagai wisata di sekitar Bogor.

“Kalau field trip biasanya dikoordinir kedubes, sampai satu minggu belajar tempe sama jalan-jalan. Untuk tujuan khusus biasanya menyebarkan tempe di negara asalnya atau edukasi makanan sehat di negaranya,” tutup laki-laki yang akrab disapa Heri ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com