Siapa Sangka, Ini Dia Asal-usul Taman Topi di Bogor - Kompas.com

Siapa Sangka, Ini Dia Asal-usul Taman Topi di Bogor

Kompas.com - 28/05/2017, 10:06 WIB
TRIBUNNEWSBOGOR.COM/LINGGA ARVIAN NUGROHO Taman Ade Irma Suryani alias Taman Topi di Bogor, Jawa Barat.

KOMPAS.com - Taman Ade Irma Suryani, atau yang lebih akrab disebut Taman Topi di Kota Bogor rupanya memiliki sejarah yang panjang.

Tak banyak yang tahu, kawasan Taman Topi dulunya adalah terminal. Namun sebelum terminal, kawasan tersebut sudah menjadi taman kota. Hal itu diungkapkan oleh Humas Taman Ade Irma Suryani, Basiran.

"Jadi sebelum dibangun terminal, Taman Topi ini dulunya memang taman. Pada sekitar tahun 1990-an melalui pemerintah pusat dibangunlah taman ria ini yang sekarang menjadi Taman Ade Irma Suryani," tutur Basiran kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (25/6/2017). 

Basiran mengatakan bahwa pembangunan Taman Topi merupakan keinginan pemerintah daerah untuk memiliki taman dan lokasi berlibur.

"Dulu taman ria sendiri, Plaza Kapten Muslihat sendiri. Namun tahun 1990 semua dibangun jadi satu," tambahnya.

Menurutnya, eksistensi patung dan nama Kapten Muslihat di Taman Topi adalah untuk mengenang dan menghargai jasa Kapten Muslihat.

"Kenapa ada patung dan nama Kapten Muslihat, karena dulunya Kapten Muslihat berjuang dan tumbang di sekitar Taman Topi dan Jembatan Merah. Beliau berjuang dengan jiwa raganya meski usianya masih muda," tuturnya.

Berita ini diambil dari TribunnewsBogor.com dengan judul asli "Berawal dari Terminal, Taman Ade Irma Suryani Wujud Keinginan Pemerintah Kota Bogor".

EditorSri Anindiati Nursastri

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM