Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2017, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Bicara soal pariwisata di Magelang, Jawa Tengah, yang terlintas di benak wisatawan pastilah Candi Borobudur. Padahal, ada candi lain yakni Pawon yang tak kalah indah.

Selain menikmati Candi Pawon, wisatawan bisa menyeruput kopi luwak di sekitar candi tersebut. Pawon Luwak Coffee, begitu namanya, terletak di Jalan Candi Pawon, Wanurejo, Borobudur, Magelang. Rumah kopi tersebut menyuguhkan kopi luwak dengan cita rasa asli.

Aji Pranada selaku pemilik Pawon Luwak Coffee mengatakan bahwa cita rasa kopi olahannya memang berasal dari biji kopi yang dimakan oleh luwak. 

"Hewan Luwak memang secara naluri bisa memilih biji-biji kopi yang dimakannya, sehingga biji-biji kopi hasil kotoran hewan tersebut merupakan bijian kopi yang mempunyai kualitas terbaik," papar Aji kepada Tribun Jogja.

Hasil fermentasi alami dari luwak itulah, lanjut Aji, yang membuat kopi ini memiliki tingkat keasaman yang rendah. 

"Selain itu bijian kopi dengan kualitas terbaik inilah yang membuat aromanya sangat segar," tambahnya.

Pawon Luwak Coffee memiliki struktur bangunan yang tak terlalu besar, mirip dengan mayoritas rumah penduduk di sekitarnya dengan arsitektur khas Jawa.

Selain mencicipi kopi, di sini wisatawan juga bisa melihat langsung hewan luwak yang dipelihara di bagian taman belakang rumah kopi tersebut. Anda dapat melihat mereka secara dekat.

Para pengunjung juga bisa melihat langsung proses produksi kopi. Mulai dari proses pemilihan biji kopi, penjemuran, pencucian, hingga penumbukan dan proses sangrai.

Anda bisa membeli kopi dalam bentuk sudah jadi (yang telah diseduh), maupun biji dan kopi giling. Mayoritas pengunjung yang datang ke sini berasal dari luar negeri. 

Harga secangkir kopi yang ditawarkan mulai Rp 20.000-300.000. Anda bisa memilih dua jenis kopi yakni Arabica dan Robusta.

Berita ini diambil dari Tribun Jogja dengan judul asli "Mencicipi Lezatnya Kopi Pawon Luwak, Sembari Melihat Enam Ekor Luwak Langsung di Kandangnya".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com